5 Cara Bijak Merayakan Kenaikan Gaji

merayakan kenaikan gaji
Sumber: hipwee

Kenaikan gaji merupakan salah satu hal istimewa yang diinginkan semua karyawan. Karena gaji yang bertambah banyak akan membuat Anda lebih leluasa mengatur kondisi finansial. Itulah sebabnya merayakan kenaikan gaji adalah momen yang boleh Anda lakukan. Namun, jangan melakukannya secara berlebihan hingga membuat Anda boros.

Anda bisa merayakan kenaikan gaji dengan lima cara bijak berikut ini

Makan-Makan di Rumah

Sumber : Groupon

Sudah sepatutnya kenaikan gaji tidak membuat Anda boros merayakannya dengan makan-makan di restoran. Sebagai gantinya, Anda bisa mengadakan perayaan kecil-kecilan di rumah. Terutama jika Anda tergolong jago memasak. Siapkan aneka makanan istimewa untuk disantap bersama keluarga dan sahabat. Dengan demikian, pengeluaran Anda tak akan terlalu besar bila Anda hanya merayakan kenaikan gaji di rumah.

Baca Juga: Lakukan Ini Jika Naik Jabatan adalah Resolusi Tahun Baru Anda

Membayar Utang

Sumber : Cara Jadi Kaya

Jangan biarkan utang-utang yang menumpuk membebani kondisi finansial Anda. Sebaiknya Anda merayakan kenaikan gaji dengan cara melunasi utang. Sehingga nanti Anda akan lebih leluasa mengelola gaji yang bertambah besar. Anda pasti merasa lega bila tidak memiliki kewajiban utang di bulan depan.

Menikmati Short Escape

Sumber : IDN Times

Selama ini mungkin Anda terlalu sibuk bekerja sampai mengabaikan liburan. Momen naik gaji bisa menjadi waktu yang tepat untuk menikmati short escape. Manfaatkan waktu cuti Anda untuk pergi ke tempat-tempat yang Anda inginkan. Namun, jangan lupa memperhatikan pengeluaran selama melakukan short escape. Alangkah lebih baik jika Anda memilih short escape gaya backpacker untuk menghemat pengeluaran.

Renovasi Rumah

Sumber : Artikel Rumah 123

Renovasi rumah bukan sekadar dilakukan untuk gaya-gayaan. Merayakan kenaikan gaji dengan cara ini justru penting jika rumah Anda memang sudah membutuhkan renovasi. Rumah yang atapnya mulai bocor atau mengalami kerusakan minor harus segera direnovasi. Supaya nanti pengeluaran Anda tidak membengkak saat kerusakan tersebut bertambah parah. Cermati bagian-bagian rumah yang akan diperbaiki sehingga Anda mudah menyiapkan budget-nya.

Meningkatkan Jumlah Investasi

Sumber : Pajakku

Alih-alih boros setelah gaji bertambah besar, sebaiknya Anda justru meningkatkan jumlah investasi. Anda bisa membeli reksadana, menambah jumlah emas yang Anda miliki, membuka deposito, atau memilih instrumen investasi lainnya. Semakin cepat Anda meningkatkan jumlah investasi, maka semakin besar pula peluang untuk melipatgandakan keuntungan di masa depan.

Kini, Anda paham kan kalau merayakan kenaikan gaji bukan berarti harus berfoya-foya. Belajarlah mengelola gaji secara cermat agar kondisi finansial Anda semakin stabil.

Beri komentar Anda tentang artikel ini