Hindari Kerja Tim yang Buruk! Ikuti 5 Cara Mudah Ini Jadi Team Leader Terbaik

Sumber : financialslot

Tak semua orang bisa menjadi team leader terbaik. Bahkan, seorang team leader yang sukses dan mampu meraih banyak pencapaian dalam karier saja belum tentu bisa dianggap sebagai leader atau ketua tim yang baik. Ya, ada banyak sekali hal hingga cara yang harus dilakukan untuk menjadi seorang pimpinan tim yang baik, tentu saja.

Mengapa menjadi pimpinan tim yang baik alias team leader terbaik penting dalam dunia kerja? Ada banyak sekali alasannya. Salah satunya, leader seakan menjadi tulang punggung dari kerja tim. Yang mana sukses atau tidaknya tim akan bergantung dari ketua tim itu sendiri. Termasuk juga, kesuksesan dari para anggota tim nantinya. Lalu, bagaimana cara menjadi pimpinan tim yang baik?

5 Cara Mudah Jadi Team Leader Terbaik

Di bawah ini merupakan 5 cara paling mudah untuk menjadikan diri Anda sebagai team leader terbaik.

1. Komunikasi

Anak Emas di Kantor
Sumber : dougleschan

Komunikasi menjadi sebuah hal yang paling penting dari keseluruhan kerja tim. Bisa bayangkan bagaimana bila Anda tak bisa berkomunikasi dengan baik dengan seluruh anggota tim? Hasil akhirnya tentu tak akan maksimal.

Karena itu untuk bisa menjadi seorang pemimpin yang baik, pertama-tama latih kemampuan komunikasi. Mulai dari bagaimana cara memberikan perintah, hingga bagaimana mengkomunikasikan kritikan dan juga saran pada tim.

2. Kenali Tim

Menjalin Hubungan Baik dengan Bos
Sumber : huffingtonpost

Jangan hanya sekedar mengetahui nama masing-masing anggota di tim Anda saja. Kenali pula apa kelebihan dan kelemahan mereka. Bahkan apa yang membuat mereka berharga dan kemampuan apa dari anggota tim yang perlu lagi ditingkatkan. Yang diharapkan bisa ikut meningkat setelah bergabung di dalam tim yang sama.

Karena itu, mengenali tim menjadi satu hal yang paling penting untuk dilakukan untuk menjadikan Anda seorang ketua tim yang terbaik.

3. Beri Ruang untuk Kreativitas

bosmu

Anda mungkin mengenali para anggota tim. Termasuk juga dengan kekurangan dan kelebihan mereka. Atau bahkan apa yang bisa mereka kembangkan di dalam tim. Namun di sisi lain, jangan jadikan diri Anda ketua tim yang nantinya membatasi ruang kreativitas dari para anggotanya.

Sebaliknya, justru pastikan Anda bisa memberikan dorongan untuk para bawahan di dalam tim dapat lebih berkembang. Salah satunya, dengan menunjukkan kreativitas dan kemampuan mereka.

4. Semangat Positif

Sumber: liputan6
Sumber: liputan6

Seorang ketua tim yang baik tak akan memberikan aura atau perasaan negatif pada para bawahannya. Sebaliknya, mereka justru akan mampu memberikan semangat positif yang memberi dorongan sekaligus pandangan untuk para bawahan.

Bukan hal yang mudah memang untuk tetap mempertahankan semangat positif ini. Terutama ketika beban pekerjaan dan suasana di dalam tim terasa tak mengenakkan. Namun tetap, sebagai ketua, tugas Anda salah satunya mempertahankan semangat positif dalam tim ini.

5. Biarkan Bawahan Memiliki Andil

atasan yang baik
Sumber: kbic

 

Jangan kuasai semua pekerjaan. Ada alasan tersendiri mengapa sebuah pekerjaan menjadi tugas tim. Salah satunya agar Anda bisa bekerja bersama-sama dan menyelesaikan satu per satu tugas bersama-sama pula. Karena itu, kerja tim ini seakan kehilangan maknanya bila Anda justru memilih untuk bekerja sendiri. Ini juga termasuk dengan memberikan ruang pada bawahan untuk memberikan saran dan pendapat mereka.