Cara Mudah Membuat Curriculum Vitae yang Mengundang Perhatian

Untuk Anda para fresh graduate, membuat curriculum vitae yang menarik tentu saja menjadi tantangan tersendiri karena tidak adanya pengalaman bekerja di perusahaan. Tapi tenang saja, jika Anda bisa membuat curriculum vitae yang lain daripada yang lain, maka lamaran Anda pun akan dilirik.

Pada dasarnya, dalam melamar kerja, setiap pekerja harus membuat CV yang benar-benar berkesan. Dengan kata lain, CV yang dibuat bisa membuat perusahaan tertarik dan lantas berkeinginan untuk merekrut Anda sebagai pekerja.

Lalu bagaimana cara membuat CV yang bisa mengundan perhatian? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Mudah Membuat Curriculum Vitae yang Mengundang Perhatian

Tentukan Tujuan

Salah satu tujuan dalam membuat resume bagi kebanyakan fresh graduate adalah untuk mendapat pekerjaan. Hal ini tidak salah, tetapi kalau kita menggesernya menjadi untuk dipanggil wawancara, hal ini akan lebih efektif lagi. Dengan demikian, berbagai upaya harus dilakukan agar kita out of the crowd di antara banyaknya pelamar untuk suatu posisi di sebuah perusahaan.

Tampilkan Impresi

Seperti apakah CV yang bagus. Format bakunya mungkin tidak ada, tetapi yang jelas CV yang bagus haruslah menarik perhatian, menimbulkan impresi yang bagus, menunjukkan pengalaman dan keterampilan yang relevan. Dengan demikian, Anda harus melakukan segala upaya untuk menciptakan hal-hal positif yang memberikan peluang untuk bisa masuk dalam perusahaan yang dilamar. Misalnya, pilihlah jenis kertas yang baik dan sesuaikan dengan karakter pekerjaan yang dilamar, serta budaya perusahaannya.

Tonjolkan Kreativitas

Perlu diingat, tujuan dalam membuat CV adalah agar kita dipanggil untuk wawancara atau seleksi. Jadi, gunakan kreativitas anda untuk out of the crowd. Buatlah diri Anda menonjol dan diingat dengan impresi positif oleh bagian HRD-nya.

Sederhana dan Jelas

Secara umum, para staf seleksi maupun user tidak punya banyak waktu untuk membaca CV. Jadi, kalau Anda membuatnya secara jelas, ringkas dan sederhana itu akan memudahkan mereka sekaligus menguntungkan Anda karena mereka bisa mendapatkan gambaran diri Anda secara lebih lengkap.

Untuk menciptakan Curuculum Vitae yang berkualitas maka anda perlu menerapkan beberapa cara di atas. Semoga bermanfaat!!

1 COMMENT

Comments are closed.