Tak Perlu Menyalakan AC, Ini Cara Mudah Mendinginkan Ruangan

Ketika musim panas tiba, maka suhu akan  terus meningkat. Udara panas jelas bikin jengkel. Menyalakan AC pun menjadi solusi paling mudah untuk mendinginkan suhu. Tapi, imbasnya, tagihan listrik membengkak. Duh!

Sebetulnya tanpa menyalakan AC, ruangan bisa kok tetap dingin. Nah, bila Anda butuh bocoran untuk mendinginkan ruangan tanpa mengandalkan AC, yuk disimak tips berikut.

Mengatur Jendela

Cara terbaik untuk menjaga rumah Anda tetap dingin tanpa menyalakan AC adalah memblokir panas matahari sebelum memasuki rumah. Caranya, tutup semua jendela yang menghadap ke timur dan selatan, dan buka jendela yang menghadap ke barat dan utara.

Metode ini akan membantu menghalangi sinar matahari, namun masih memungkinkan udara pagi yang segar dan sejuk memasuki kamar.

Lakukan yang sebaliknya di sore hari. Ini penting karena begitu suhu luar turun, semua panas matahari yang diserap oleh rumah Anda di siang hari akan dilepaskan ke udara.

Jika Tidak Ingin Menyalakan AC, Coba Pasang Insulasi Rumah

Rumah yang diinsulasi dengan baik akan menjaga suhu ruangan yang nyaman sepanjang tahun. Namun, Anda mungkin tidak menyadari bahwa tempat paling penting untuk memasang insulasi adalah di lantai loteng.

Menurut Insulation Institute, jika Anda tinggal di selatan, Anda harus memiliki sekitar 14 inci isolasi yang menutupi lantai loteng Anda, dan sekitar 18 inci isolasi jika Anda tinggal di utara.

Isolasi loteng sangat penting di musim panas untuk mencegah suhu panas di loteng yang bisa turut membuat panas kamar di bawahnya.

Baca Juga: Pusing Setiap Bulan Harus Membayar Tagihan? Yuk, Ikuti Cara Menghematnya Berikut!

Daripada Menyalakan AC, Lebih Baik Gunakan Kipas Angin

Kipas angin langit-langit nyatanya efektif menjaga kamar tetap dingin. Tenaga listriknya pun hanya sekitar sepersepuluh listrik dari AC biasa. Semilir angin yang hanya satu mph akan membuat Anda merasa tiga hingga empat derajat lebih dingin.

Tidak seperti AC, kipas angin berfungsi untuk mendinginkan orang bukan udara ruangan. Jika Anda tidak memiliki kipas langit-langit, coba gunakan kipas kotak portabel untuk membuat kamar terasa lebih nyaman bahkan selama cuaca yang panas.

Pastikan kipas angin meniupkan udara ke dalam rumah, sehingga tanpa menyalakan AC, Anda tetap merasa nyaman.

Lupakan Oven

Menyalakan oven atau memasak kegiatan memasak lainnya ternyata dapat membuat dapur menjadi semakin panas. Jadi, ketika hari-hari musim panas datang, lebih baik gunakan microwave atau pemanggang roti yang panasnya lebih rendah.

Jika Anda benar-benar harus menggunakan oven, tunggulah hingga sore hari atau menjelang pagi. Sehinggaruangan tetap sejuk dan Anda tak perlu menyalakan AC.

Baca Juga: Ingin Tidur Pulas dan Nyaman? Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengubah Kamar Tidur Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here