Cara Mudah Menggali Kreativitas agar Ide Cemerlang Selalu Datang

Bagi karyawan yang bekerja di industri desain, kreativitas merupakan hal yang harus dimiliki. Tapi, bagaimana caranya agar karyawan bisa terus menggali kreativitas dalam dirinya?

Kreativitas merupakan hal penting yang diperlukan untuk mendapatkan ide-ide cemerlang. Ide-ide inilah yang bisa membuatmu melakukan inovasi, mengatasi masalah atau menghasilkan karya-karya yang baru.

Untuk itu, kamu harus pandai-pandai menggali kreativitas yang ada dalam dirimu. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

Membuat Jurnal untuk Menggali Kreativitas

Mencatat bisa membuatmu mengingat lebih baik. Catatan yang dibuat juga bisa membuat kamu memikirkan hal lain terkait dengan apa yang dicatat. Oleh karenanya, jika kamu ingin menggali kreativitas lebih baik, cobalah untuk membuat jurnal. Di sebuah jurnal, kamu bisa mencatatkan apa saja yang terlintas di pikiran setiap harinya, setiap minggu atau kapan pun kamu mau.

Berikut ini manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan membuat jurnal.

  • Membantumu mengevaluasi pikiran, emosi dan perilaku;
  • Mengubah energi negatif menjadi ide;
  • Melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain;
  • Sebagai panduan untuk mengambil langkah/keputusan;
  • Membantu mengeksplorasi solusi masalah.

Baca Juga: Makin Kreatif Saat Menganggur Bukan Isapan Jempol, Kamu Mengalaminya?

Berbagi Karya dengan Orang Lain

Cara lain untuk menggali kreativitas dengan membagikan karya/proyek yang sudah pernah kamu buat pada orang lain. Untuk itu, kamu bisa membuat platform digital agar orang lain dengan mudah bisa melihatnya. Salah satunya lewat blog. Selain itu kamu bisa membagikan karya-karyamu di platform media sosial.

Dengan berbagi karya, selain bisa dinikmati orang lain, kamu juga bisa mendapatkan saran. Seringkali saran ini bisa kamu eksplorasi lebih jauh untuk menghasilkan karya-karya yang baru.

Menjalin Hubungan dengan Orang-Orang Kreatif

Kreativitas bisa datang dari orang-orang yang kreatif lho. Oleh karenanya, jika kamu ingin menggali kreativitas, ada baiknya kamu sering bertemu dengan orang-orang yang kreatif. Lakukan perbincangan yang mendalam dengan mereka dan cobalah untuk terbuka pada ide-ide dan pandangan mereka.

Yang perlu diingat, orang-orang kreatif bisa ditemukan di mana saja. Karena, kreatif bukan hanya berarti mampu menghasilkan ide-ide cemerlang saja. Melainkan, kreatif juga bisa berarti mampu memecahkan masalah dengan mudah, mampu melakukan perubahan, serta mampu menciptakan proses atau metode kerja yang inovatif tapi menarik.

Menggali Kreativitas Lewat Ide yang Buruk

Mencoba ide yang buruk sudah pasti menghasilkan sesuatu yang buruk. Namun, ide yang cemerlang juga bisa dihasilkan lewat ide yang buruk lho. Caranya dengan terus mencoba ide yang buruk hingga kamu mendapatkan inspirasi- inspirasi baru. Lewat inspirasi inilah kamu akan mendapatkan ide-ide cemerlang, sehingga kamu bisa menghasilkan karya-karya berkualitas tinggi yang bisa dinikmati oleh orang banyak.

Menggali kreativitas dengan melakukan beberapa hal di atas tidaklah cukup. Jangan lupa, kamu juga harus tetap memiliki rasa percaya diri. Rasa percaya diri inilah yang akan membuatmu terus mendapatkan inspirasi dan ide-ide yang cemerlang untuk seluruh hasil karyamu nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here