Menjaga Kesehatan Mental
Source: ea.md

Disadari atau tidak, menjaga kesehatan mental sangat penting. Mental yang sehat akan membuat kualitas hidup Anda meningkat. Sebaliknya, jika mental Anda bermasalah maka kehidupan Anda pun terganggu. Salah satu bukti nyata masalah gangguan mental adalah perasaan tertekan, mudah stres, dan depresi.

Anda tak boleh menyepelekan kesehatan mental. Pasalnya, hampir sebagian besar kasus bunuh diri disebabkan oleh mental yang terganggu. Rasa frustasi, stres dan depresi berkepanjangan hingga hilangnya motivasi untuk menjalani hidup menjadi alasan untuk mengakhiri hidup.

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mental

Mental yang lemah hanya akan menambah beban Anda. Lain halnya, jika mental Anda sehat dan kuat. Anda tidak akan mudah menyerah meski menghadapi situasi sulit sekalipun. Nah, agar kesehatan mental Anda terjaga, cobalah untuk melakukan sederet tips di bawah ini.

Berani Bicara

konsultasi ke psikolog

Umumnya, selama ini orang yang mengalami stres merupakan pribadi yang tertutup. Mereka cenderung menutupi diri, tidak berani untuk mengatakan apa yang dirasakannya. Alih-alih curhat, mereka justru lebih memilih menahan perasaan. Alhasil, tekanan demi tekanan yang diterima membuat mereka stres berkepanjangan.

Berani bicara pada orang lain atau mengungkapkan apa yang Anda rasakan bukanlah tindakan kriminal, bukan juga aib. Dengan berani mengatakan perasaan Anda sesungguhnya, Anda tidak akan terbebani. Stres pun dapat dicegah dengan mudah.

Baca Juga : Benarkan Kesehatan Mental Dapat Ditingkatkan dengan Mengonsumsi Buah dan Sayuran Mentah?

Olahraga

Inhabitat

Jika Anda mulai merasakan kesehatan mental terganggu, segera berolahraga. Olahraga sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah, membuat Anda lebih segar, fungsi otak pun berjalan maksimal.

Tak perlu berolahraga ekstra keras, cukup dengan berjalan santai mengelilingi komplek rumah, bersepeda di pagi hari, atau berenang, Anda akan mendapatkan tubuh dan jiwa yang sehat.

Bersenang-senang

bersenang-senang

Anda ingin cara lain yang lebih menyenangkan untuk menjaga kesehatan mental? Bersenang-senang jawabannya. Anda tak perlu ragu untuk mengambil libur atau cuti selama beberapa hari dari rutinitas Anda. Bersenang-senanglah. Anda bisa pergi liburan mengelilingi Indonesia atau menikmati keindahan alam di luar negeri.

Bisa juga dengan mendatangi perpustakaan, dikelilingi beragam jenis buku yang menarik untuk dibaca. Anda pun boleh sekadar bermalas-malas di rumah, hanya menonton acara favorit atau melakukan hobi yang selama ini sulit Anda lakukan, seperti memasak, membaca novel, atau membersihkan rumah.

Makanan Sehat

makanan sehat

Tak banyak yang tahu bahwa makanan sehat pun memengaruhi kesehatan mental. Maka sangat penting untuk menjaga asupan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya gizi.

Berdoa

Selain tubuh, jiwa pun membutuhkan asupan. Lain dengan tubuh yang cukup diberi makan tiga kali sehari, jiwa memerlukan “nutrisi” kedekatan dengan Tuhan. Beribadahlah sesuai dengan kepercayaan dan agama yang Anda anut. Dengan berdoa, Anda tidak hanya menjadi dekat dengan Sang Pencipta melainkan juga menjaga kesehatan mental Anda berada dalam kondisi yang baik.

Keseimbangan dalam hidup sangat diperlukan karena keseimbangan akan membuat jiwa dan tubuh Anda sehat. Jika Anda memiliki gangguan kesehatan mental, jangan ragu untuk mengikuti tips menjaga kesehatan mental di atas. Dijamin, Anda dapat mengatasi segala permasalahan dengan mudah. Selamat mencoba!

Beri komentar Anda tentang artikel ini