Yuk, Lakukan Rehabilitasi Karier Saat Berada di Lingkungan Kerja Toxic!

Terjebak di lingkungan kerja yang tak nyaman memang bisa mengganggu kesehatan fisik dan psikis. Itulah sebabnya, kamu harus menemukan cara tersendiri untuk bertahan bila kondisi tidak memungkinkan untuk resign. Lakukanlah rehabilitasi karier demi mempertahankan kesehatan fisik dan psikis kamu selama berada di lingkungan kerja toxic.

Rehabilitasi karier dapat didefinisikan sebagai cara khusus yang bisa dilakukan masing-masing orang untuk membuat diri sendiri bahagia di tengah himpitan lingkungan kerja toxic. Ada beberapa hal bermanfaat yang bisa kamu lakukan untuk diri sendiri, yaitu,

Rutin Melakukan Personal Branding

Jangan sampai kamu tenggelam dalam suasana kerja yang tidak nyaman dan lupa meningkatkan kualitas diri sendiri. Lakukanlah personal branding agar popularitas kamu meningkat di dunia kerja. Sisihkan waktu untuk mengikuti seminar, workshop, atau pelatihan lainnya sesuai minat.

Nanti, kamu dapat mencantumkan berbagai pengalaman belajar tersebut pada akun LinkedIn sehingga kamu semakin lekat dengan citra profesional. Proses rehabilitasi karier ini akan membantu untuk mempertahankan profesionalitas sekaligus menambah kemampuan kerja.

Baca Juga: Manfaat Portofolio yang Penting bagi Para Pekerja Freelance

Meminimalkan Interaksi dengan Rekan Kerja Toxic

Rehabilitasi karier juga mengharuskan kamu untuk meminimalkan interaksi dengan rekan kerja toxic. Berusahalah mengurangi interaksi dan hanya fokus pada urusan pekerjaan di kantor.

Dengan demikian, kamu akan terhindar dari risiko-risiko menyebalkan yang disebabkan rekan kerja toxic. Jangan sampai kamu terseret dalam drama kantor yang membuat jengkel hingga produktivitas kerja kian menurun.

Jeli Mengisi Waktu Luang di Kantor

Ada kalanya kamu tidak selalu sibuk selama berada di kantor. Jika sedang menganggur sejenak, isilah waktu luang dengan hal-hal bermanfaat. Jangan terlibat terlalu jauh dalam lingkungan kerja yang toxic, misalnya bergosip.

Lakukan rehabilitasi karier di waktu senggang dengan melakukan hal-hal positif, misalnya membaca buku, menyelesaikan pekerjaan sampingan, atau membuat catatan prioritas untuk pekerjaan selanjutnya.

Meluangkan Waktu untuk Berolahraga

Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk mengalihkan perhatian dari lingkungan kerja toxic. Cara rehabilitasi karier ini akan membuat kamu lebih bugar sekaligus bahagia. Jadi, tetapkanlah waktu khusus untuk berolahraga, misalnya tiga kali seminggu setelah pulang kerja. Lakukan olahraga yang disukai supaya kamu merasa lebih rileks dan siap beraktivitas kembali pada keesokan harinya.

Selama ini rehabilitasi karier apa saja yang sudah kamu lakukan untuk menjernihkan pikiran?

Yuk, lakukan hal-hal yang menyenangkan tanpa mengabaikan profesionalitas kamu saat mengurus pekerjaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here