Stop Berita Hoax Lewat Cara Ini! Saatnya Anak Muda Cerdas Baca Berita

Stop berita hoax menjadi kampanye yang harus digaungkan di Indonesia. Apalagi kali ini sedang terjadi darurat Covid-19 yang memunculkan banyak berita tidak benar. Ironisnya, berita hoax justru lebih cepat menyebar dan dipercaya masyarakat.

Sebagai anak muda, sudah saatnya kamu lakukan stop berita hoax. Kamu adalah garda terdepan untuk meluruskan berbagai kabar burung yang terlanjur masuk di lingkungan terdekatmu. Begini caranya!

Stop Berita Hoax dengan Lebih Teliti Membaca Judul Provokatif

Tidak bisa dipungkiri, sebuah judul berita menjadi fokus utama seseorang saat hendak membaca berita. Sayangnya, banyak sekali media yang memanfaatkan hal ini dengan membuat judul bersifat provokatif. Orang-orang pun terjebak membaca judul berita online tersebut tanpa sempat membacanya dulu.

Judul yang terlihat “wah” tidak serta merta mewakili isi dari sebuah berita. Jadi, jangan keburu terpancing emosi saat membaca judul berita online yang kontroversi atau provokatif. Baca dulu baik-baik sebelum kamu memutuskan akan menyebarkannya atau tidak.

Jangan Lupa Periksa Kredibilitas Berita Online

Tidak semua berita yang kamu baca di internet bisa dipercaya kebenarannya. Sekarang ini banyak kok media online yang perlu dipertanyakan kredibilitasnya. Jadi, bantu stop berita hoax dengan lebih peka mengecek kredibilitas sebuah berita.

Kalau kamu luput mengeceknya, tentu akan sangat mudah kamu memercayai berita tersebut. Padahal, zaman sekarang begitu mudah membuat konten tulisan di internet. Bisa jadi apa yang kamu percayai justru bukanlah suatu kebenaran yang bisa dibagikan ke orang lain.

Baca Juga: Duh, Buta Huruf Fungsional di Indonesia Masih Tinggi & Picu Berita Hoax

Agar Bisa Stop Berita Hoax, Cek Kebenaran Fakta dari Beberapa Situs Lain

Cara mudah untuk mengecek kebenaran fakta dan data dari sebuah berita adalah dengan membandingkannya dengan situs lain. Coba bandingkan konten yang kamu baca dengan situs terpercaya lainnya. Pastikan data dan fakta di dalamnya memang sesuai sebelum kamu menyebarkannya.

Langkah ini memang butuh usaha cukup besar karena kamu harus kroscek banyak data dan fakta. Namun, hal ini wajib dilakukan agar kamu tidak mudah terkecoh sebuah berita yang belum jelas kebenarannya. Jangan sampai kamu sebarkan berita tanpa mengecek kebenarannya dulu.

Edukasi Orang yang Sudah Terkena Berita Hoax

Terakhir, stop berita hoax dengan menyelamatkan mereka yang sudah terlanjur percaya pada berita tidak benar. Tentu kamu sering menemukan orang tua atau anggota keluargamu sering menyebarkan berita-berita aneh di grup sosial media kan? Nah, tugas kamu adalah mengedukasi mereka.

Hal ini juga tentu tidak mudah dilakukan. Dengan pendekatan dan penjelasan lebih tepat, kamu bisa meredam berita hoax di lingkungan terdekatmu. Jangan sampai orang-orang terlanjur percaya pada berita yang salah tanpa tahu kebenarannya.

Langkah apa saja yang sudah kamu lakukan untuk membantu stop berita hoax? Yuk, lebih cerdas dan bijak dalam membaca berita sebelum menyebarkannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here