Sukses Menentukan Karier dengan Mengenal Diri Sendiri

Banyak orang merasa terjebak dalam kesalahan memilih pekerjaan. Perasaan ini biasanya muncul pada mereka yang sulit menentukan karier. Alih-alih mendapatkan pekerjaan yang baik, seseorang kadang lebih suka berpindah-pindah tempat kerja tanpa tahu pekerjaan yang cocok untuk dirinya. Agar Anda tidak mengalami hal yang sama, ada baiknya Anda mengenal diri sendiri terlebih dahulu sebelum menentukan karier.

Mengenal Karakter Diri Sendiri Sangat Penting untuk Dilakukan

Sumber: pixaby.com

Langkah pertama untuk menentukan karier adalah memahami diri Anda sendiri. Anda tidak mungkin mendapatkan pekerjaan yang tepat tanpa mengetahui dan mengenali kepribadian diri sendiri. Mengenali diri sendiri dapat dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan cukup mudah.

Tanyakan pada diri Anda: hal-hal apa yang Anda sukai, hal-hal yang Anda tidak sukai, situasi seperti apa yang membuat Anda nyaman, seberapa cepat Anda beradaptasi di lingkungan baru, jenis pekerjaan apa yang tidak mungkin Anda lakukan, dan lain-lain. Jangan pernah sepelekan hal-hal kecil dalam diri Anda karena semuanya akan berdampak pada pekerjaan Anda. Misalnya, Anda bukanlah tipe orang lapangan, jadi jangan memaksakan diri bekerja di lapangan.

Buat Daftar Hal-Hal yang Anda Takutkan dan Penyebabnya

Sumber: freepik.com

Selain mengenali diri sendiri, Anda juga perlu mengetahui hal-hal apa saja yang Anda takutkan dalam dunia kerja. Setelah itu, carilah akar masalah dari ketakutan itu. Cobalah untuk mencari solusi terbaik dalam mengatasi ketakutan tersebut.

Misalnya, Anda mudah cemas saat harus berhadapan dengan banyak orang. Bekerja tentu membutuhkan interaksi dengan banyak orang. Dari ketakutan tersebut, Anda bisa belajar untuk pelan-pelan terbiasa berkomunikasi. Mengenal hal seperti ini lebih dini dapat membantu Anda menentukan karier di masa depan.

Baca Juga: Tanpa Disadari, Ini yang Membuat Anda Merasa Salah Memilih Pekerjaan

Dua Cara Tadi Bisa Menjadi Langkah Awal untuk Menentukan Karier

Sumber: drgregoryjantz.com

Ketika Anda sudah bisa menerapkan dua langkah di atas, inilah awal bagi Anda untuk memutuskan akan berkarier di bidang tertentu. Jangan lupa untuk memerhatikan kekurangan, kelebihan, serta potensi Anda. Anda tentu saja harus berkompromi dengan beberapa hal untuk memenuhi ekspetasi Anda pada karier yang dipilih. Jadi, jangan sampai juga dua langkah awal yang sudah Anda rumuskan menjadi batu sandungan pada karier ya.

Dalam Menentukan Karier, Jangan Terpaku pada Seberapa Hebat Sebuah Pekerjaan

Sumber: youngupstarts.com

Terakhir, jangan mudah silau pada sebuah pekerjaan yang terlihat bagus. Pekerjaan sebagus apa pun akan menjadi sia-sia buat Anda ketika pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan karakter dan kemampuan Anda. Daripada hanya sekadar mengejar pekerjaan yang tampak keren, lebih baik Anda berfokus pada potensi yang dimiliki untuk membuat pekerjaan biasa Anda menjadi luar biasa.

Sudah siapkah Anda untuk menentukan karier? Ingat, mengenali diri sendiri menjadi kunci paling penting untuk meraih kesuksesan dalam karier.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here