Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? Lakukan Cara Unik Ini Yuk!

malam hari

Tidur malam yang berkualitas merupakan hal yang penting untuk kesehatan. Namun terkadang, sulit untuk benar-benar mendapatkan tidur yang berkualitas. Adanya gangguan lain kerap menjadi penghalang Anda untuk tidur, seperti stres atau masalah lainnya yang mengganggu pikiran. Menurut hasil penelitian terbaru dan beberapa saran dari para ahli, berikut ini beberapa hal yang dapat membuat tidur Anda di malam hari lebih berkualitas seperti dikutip dari laman Health.

4 Cara Unik yang Dapat Membuat Malam Hari Anda Lebih Nyenyak

Biarkan Pintu atau Jendela Kamar Terbuka

Sumber : bangsaid

Menurut sebuah penelitian terbaru pada jurnal indoor air, di saat orang tidur dalam posisi pintu dan jendela dalam keadaan tertutup, ini dapat menyebabkan konsentrasi karbon dioksida yang lebih tinggi. Hal ini menunjukkan betapa buruknya ventilasi, di mana Anda seringkali akan terbangun dari tidur. Bukalah jendela Anda ketika Anda tidur untuk memberi sedikit udara sejuk dari luar, namun dengan kondisi jendela yang memakai kawat anti nyamuk.

Baca Juga: Yuk, Sulap Kamar Tidur Layaknya Hotel Berbintang dengan 5 Cara Ini!

Mandi Air Hangat

Di saat Anda bersiap-siap untuk tidur, suhu inti tubuh Anda akan menurun. Untuk itu, banyak dari para ahli yang mengatakan bahwa mandi dengan air hangat akan membantu mempercepat proses tersebut. Menurut Jason Ong, PhD, seorang rekanan Profesor Neurologi, mandi dengan air hangat satu jam sebelum tidur dipercaya dapat membuat tidur Anda menjadi nyenyak.

“Kuncinya adalah mandi lebih awal-sekitar 75 hingga 90 menit sebelum tidur-jadi suhu tubuh sudah mulai turun ketika kamu bersiap untuk tidur,” ujar Ong.

Abaikan Pemantau Tidur

terjadi pada tubuh
sumber: bogordaily

Mengandalkan pemantau aktivitas yang dapat mengatur pola tidur merupakan tindakan yang tepat, namun hal tersebut dapat memberikan dampak yang negatif juga bagi diri Anda.

“Banyak orang yang mempunyai masalah tidur menjadikan masalah mereka lebih parah ketika mereka menjadi terobsesi dan ingin menganalisis setiap detil,” ujar Ong.

Berlatih Tai Chi

Sumber: blog.nasm

Olahraga merupakan salah satu yang baik untuk membantu Anda memiliki tidur yang berkualitas di malam hari. Tak penting apa pun itu jenis olahraganya, selama itu dilakukan secara rutin. Namun, Anda dapat mencoba meditasi dengan menggunakan metode Tai chi dari Tiongkok. Pada sebuah studi terbaru dari Journal of Clinical Oncology yang dilakukan pada pasien kanker payudara, bermeditasi ala tai chi memiliki pengaruh yang sama untuk meredakan insomnia seperti terapi perilaku kognitif.

Beri Komentar Anda

komentar