Cari Kerja dengan Ijazah SMA? Ini Langkah-langkahnya!

cari kerja dengan ijazah SMA

Cari kerja dengan ijazah SMA saja memang membutuhkan perjuangan khusus. Selain tingkat persaingan yang ketat, Anda juga harus mempersiapkan segala sesuatunya sebelum memasuki dunia kerja. Meskipun Anda hanya memiliki ijazah SMA, bukan berarti Anda tak bisa mendapatkan pekerjaan. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bisa segera cari kerja dengan ijazah SMA sekalipun. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Langkah-langkah untuk Cari Kerja dengan Ijazah SMA

1. Tentukan Bidang yang Ingin Anda Geluti

Loker Sarjana EkonomiSetelah lulus dan mendapatkan ijazah SMA, inilah titik awal bagi Anda untuk menentukan ingin fokus di bidang apa dalam dunia kerja. Meskipun Anda hanya memiliki ijazah SMA, Anda harus bisa mengapresiasi diri Anda dan mencari tahu bidang apa yang Anda minati. Setelah memiliki gambaran tentang bidang pekerjaan yang Anda inginkan, mulailah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang pekerjaan tersebut.

2. Cari Informasi tentang Pekerjaan

Mencari Informasi PerusahaanJika Anda sudah memiliki gambaran akan bidang pekerjaan yang ingin Anda geluti, Anda bisa mulai mencari informasi mengenai perusahaan/institusi yang sedang membuka lowongan untuk posisi tersebut. Untuk memulainya Anda bisa menggunakan portal lowongan kerja online seperti Job-like. Carilah dari jenis pekerjaan yang ingin Anda lakukan. Misalnya jika Anda hobi mengajar dan menyukai anak-anak, Anda bisa mulai mencari pekerjaan dengan kata kunci “guru”, “guru tk” dan sebagainya. Setelah mendapatkan informasi lowongan kerja yang Anda inginkan, bacalah baik-baik deskripsi pekerjaan dan kualifikasi yang diminta. Jika sesuai dengan kualifikasi Anda, cobalah lamar posisi tersebut.

3. Siapkan CV Anda

cv unikBagi Anda yang sedang cari kerja dengan ijazah SMA, tentunya salah satu hal terberat yang harus Anda hadapi adalah ketika membuat CV. Sebagai permulaan, silahkan membaca artikel mengenai surat lamaran kerja untuk lulusan SMA. Buatlah CV dalam urutan yang kronologis sehingga memudahkan HRD ketika membacanya. Pastikan CV yang Anda buat tidak melebihi dari 2 halaman.

4. Cantumkan Pengalaman Berorganisasi

pengalaman organisasiDi dalam CV Anda, jangan lupa untuk mencantumkan kegiatan Anda semasa di bangku SMA. Baik kegiatan berorganisasi di dalam sekolah, maupun kegiatan berorganisasi di luar sekolah. Hal ini bisa memberikan kesan kepada HRD bahwa Anda adalah pribadi yang aktif dan mau mencoba hal baru. Meskipun Anda belum memiliki pengalaman kerja sekalipun, jika Anda aktif dalam berorganisasi semasa sekolah, hal ini menjadi nilai tambah di mata HRD.

5. Latihan Wawancara

terlalu berbicara banyakLangkah terakhir yang perlu Anda pertimbangkan saat cari kerja dengan ijazah SMA adalah dengan melakukan latihan wawancara. Sesuai dengan pepatah, Practice makes perfect, semakin sering Anda berlatih, maka Anda akan semakin terampil saat menghadapi wawancara kerja nantinya. Anda bisa meminta bantuan orang di sekeliling Anda untuk melakukan simulasi wawancara kerja tersebut.

Baca Juga: Inilah Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Lulusan SMA