Casio G-Shock Rangeman Gunakan Sinar Matahari Sebagai Sumber Tenaga

Casio G-Shock
Sumber: trustedreviews

Casio baru saja memperkenalkan seri terbaru jam tangan Casio G-Shock. Jam tangan tersebut dibekali oleh bezel penangkap sinar matahari.

Casio telah merilis beragam seri jam tangan untuk melengkapi salah satu lini produk unggulannya yakni G-Shock. Seperti jam tangan pada umumnya, kinerja pada beragam seri G-Shock yang ada disokong oleh energi yang tersimpan di baterainya.

Belum lama ini di ajang CES 2018, Casio memperkenalkan seri terbaru di lini produk Rangeman yakni G-Shock GPR B-1000. Salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh GPR B-1000 adalah jam tangan tersebut mampu menyediakan daya lewat energi sinar matahari.

Jam Tangan Casio G-Shock dengan Solar Panel

Dilansir TechRadar, alat penunjuk waktu yang masuk di kategori smartwatch tersebut memiliki bezel khusus yang melingkari displaynya. Bezel ini berfungsi sebagai penyerap tenaga matahari yang nantinya akan disimpan di dalam baterai.

Daya yang tersimpan di dalam baterai GPR B-1000 sebagian besar digunakan untuk menyokong kinerja GPS. Seperti yang diketahui, GPS merupakan fitur smartwatch yang paling banyak mengonsumsi daya.

Kendati demikian, GPR B-1000 tetap bisa dicharge sebelum digunakan. Durasi pemakaian setelah dicharge sekitar 33 jam. Sedangkan jika menggunakan tenaga matahari, durasi tersebut bisa diperpanjang yakni 48 jam.

Dari sisi desain, GPR B-1000 memiliki tampilan yang tak jauh berbeda dari beragam seri G-Shock lainnya. Smartwatch ini masih menyematkan casing berukuran besar dengan kesan tangguh.

Material yang dipilih untuk casingnya mampu melindungi bagian dalamnya dari air dan debu yang bisa mengganggu kinerja smartwatch saat penggunaan outdoor. Casio juga menambahkan gasket dibagian tombol untuk melindungi GPR B-1000 dari lumpur.

Baca Juga: Fitur Smartwatch NYSW Hadir dengan Tampilan Klasik

Di bagian tepi casing GPR B-1000 terdapat lima buah tombol. Tiga tombol di bagian kanan dan dua tombol di bagian kiri. Tombol terbesar di bagian kanan memiliki beberapa fungsi. Salah satunya adalah untuk mengakses menu dan sub menu-nya.

Seperti smartwatch pada umumnya GPR B-1000 juga memiliki konektifitas dengan perangkat smartphone. Casio menyediakan bluetooth pada Rangeman agar perangkat tersebut mampu menyuplai informasi ke smartphone.

Di smartphone pengguna GPR B-1000 bisa mengetahui lebih rinci informasi mengenai medan yang ditempuh, rute dan pergerakan tubuh.

Casio G-Shock GPR B-1000 akan mulai dirilis resmi pada bulan April mendatang. Casio membandrol smartwatch ini seharga sekitar $800.