Cek Benefit Perusahaan Berikut Ini sebelum Menerima Pekerjaan

Benefit perusahaan menjadi salah satu bahan pertimbangan seseorang dalam memilih pekerjaan. Pasalnya, tidak semua perusahaan bisa memberikan benefit atau pun fasilitas yang sama. Pelamar kerja biasanya bukan hanya mengincar nominal gaji, melainkan juga benefit apa yang ditawarkan perusahaan.

Berikut ini ada beberapa benefit perusahaan yang paling sering diperhatikan para pelamar kerja. Andai perusahaan memiliki hal-hal ini, besar kemungkinan akan sangat diminati pencari kerja. Simak dan cermati baik-baik ya!

Benefit Jaminan Kesehatan

Benefit perusahaan yang paling utama dan harus ada adalah mengenai kesehatan. Fasilitas kesehatan yang sebaiknya diberikan perusahaan antara lain BPJS dan asuransi swasta. Sementara, beberapa perusahaan juga menawarkan fasilitas kesehatan tambahan seperti kesehatan gigi dan mata.

Tidak semua perusahaan sanggup memberikan fasilitas kesehatan lengkap. Namun, perusahaan setidaknya harus menyediakan BPJS bagi karyawan karena sifatnya wajib. Tanpa adanya benefit kesehatan lengkap, para pelamar kerja bisa berpikir dua kali sebelum menerima tawaran pekerjaan.

Fasilitas Makan

Penyediaan katering atau fasilitas makan menjadi benefit perusahaan selanjutnya. Para pencari kerja, terutama generasi milenial dan Z, kini lebih suka bekerja di perusahaan yang memiliki fasilitas ini. Pasalnya, ketersediaan makanan selama bekerja sanggup membantu memangkas biaya hidup karyawan sehari-hari.

Bentuk dari fasilitas makan ini juga beragam, mulai dari makan siang, snack, atau pun makan malam saat lembur. Fasilitas ini biasanya diberikan untuk memudahkan karyawan saat makan tanpa perlu keluar terlalu jauh dari kantor. Sayang, tidak semua perusahaan sanggup memberikan benefit ini ke karyawan.

Baca Juga: Bagaimana Sih Cara Efektif Mencari Tahu Standar Gaji Perusahaan?

Bonus Tahunan

Gaji bukan satu-satunya hal yang diincar pencari kerja. Selain gaji, kebanyakan pelamar kerja juga kini mulai mempertimbangkan ada tidaknya bonus tahunan di perusahaan. Maklum, tuntutan dan beban kerja tinggi juga dinilai harus sepadan dengan penghasilan yang diberikan.

Kebanyakan perusahaan selalu memberikan bonus tahunan bagi para karyawan, biasanya di akhir tahun. Namun, ada juga perusahaan yang jarang memberikan bonus tahunan. Biasanya hanya segelintir karyawan dengan performa baik yang akan mendapatkan bonus ini.

Jatah Cuti

Jumlah cuti tahunan yang normal bagi karyawan setiap tahunnya adalah 12 hari. Tapi, beberapa perusahaan juga memberikan kebijakan penambahan cuti. Nah, tambahan jumlah cuti inilah yang menjadi daya tarik pelamar kerja.

Perusahaan berskala internasional bahkan menyediakan jatah waktu bekerja di rumah selama rentang tertentu setiap bulannya. Sistem kerja fleksibel dan jatah cuti lebih banyak biasanya juga diimbangi dengan tekanan kerja lebih tinggi pula. Jadi, para pelamar kerja wajib paham sistem kerja perusahaan sebelum menerima tawaran kerja.

Itulah beberapa benefit perusahaan yang bisa jadi bahan pertimbangan para pencari kerja. Ingat, semakin baik benefit yang ditawarkan, kian besar pula tantangan bekerja di perusahaan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here