Cemas Kehilangan Pekerjaan Selama Pandemi? Lakukan ini agar Aman

Berita terkait pemecatan massal yang dilakukan banyak perusahaan menyebabkan banyak orang cemas kehilangan pekerjaan selama pandemi COVID-19. Ini juga menjadi salah satu masalah besar yang mengusik perekonomian secara global. Lantas apa yang harus dilakukan supaya kamu selamat dan bertahan mengamankan pekerjaanmu sekarang?

Tentu saja ini memerlukan usaha sedikit lebih keras. Pasalnya, semua orang juga makin giat meningkatkan job security agar tetap dipertahankan oleh perusahaan. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk melawan rasa cemas kehilangan pekerjaan selama pandemi:

Bersikap Tangguh, Adaptable, Fleksibel

Bukan hanya kamu, semua orang pun merasakan betapa sulitnya kondisi sekarang. Menjadi tangguh untuk melewati masa pandemi adalah pilihan yang tepat agar kamu bisa bertahan. Coba posisikan dirimu sebagai prajurit tangguh yang pernah melewati masa tersulit di perusahaan.

Selain itu, kamu harus memaksakan diri untuk beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi dan lebih fleksibel dengan pola kerja yang berbeda. Jangan mudah mengeluh, jadikan kondisi ini sebagai peluang kamu untuk meningkatkan kemampuan diri.

Baca Juga: Kena PHK Massal? Intip 4 Tips Mengatur Keuangan Selama Pandemi

Jadilah Inventive Thinker

Berusaha menjadi karyawan yang memiliki pemikiran berdaya cipta, berpikir baru dan solutif. Kamu bukan hanya dituntut menjadi lebih fleksibel seperti membantu pekerjaan di luar tanggung jawab.

Namun kamu harus mampu menemukan hal baru yang mampu mendorong tim dan membantu perusahaan bergerak maju. Coba berpikir terkait hal-hal yang vital.

Misalnya berkaitan dengan efisiensi pengeluaran, pendapatan tambahan, dan peningkatan penjualan di masa pandemi. Intinya, kondisi finansial perusahaan terguncang jika operasional dan purchase power terganggu.

Oleh karena itu, kamu harus maju menjadi inventive thinker yang membawa ide brilian untuk menemukan jalan alternatif.

Jadilah Produktif, Efektif dan Efisien

Kamu mungkin merasa cemas kehilangan pekerjaan di tengah pandemi. Namun bukan salah perusahaan jika mereka harus memecat karyawan yang tidak bisa lebih produktif, efektif dan efisien di masa sulit ini. Perusahaan hanya akan mempertahankan karyawan yang bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat.

Jika kamu tidak bisa begitu, kecemasan akan menjadi kenyataan yang pahit. Terus meningkatkan produktivitas dengan memperhatikan tingkat efektivitas dan efisiensi menjadi kunci keamanan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here