Apa yang Membuat Karyawan Loyal? Ini Kata Presiden Hartlogic

Karyawan Hartlogic
Karyawan Hartlogic (Sumber: Hartlogic)

Sebagai entrepreneur platform, Hartlogic akan terus berkembang tak hanya dari segi pelayanan dan bisnis namun juga dari sisi pemberdayaan sumber daya manusianya. Disampaikan oleh Presiden Hartlogic, Bernhart Farras selama Hartlogic berdiri selama itu pula Hartlogic membuka kesempatan untuk menerima karyawan yang sesuai dengan nilai, visi, misi, serta budaya yang diterapkan dalam lingkungan kerja.

Saat ini, Hartlogic memiliki 7 karyawan tetap yang berada di Bandung dan ratusan freelancer yang siap membantu jika sedang mengadakan event atau mengerjakan proyek klien. Jika kamu tertarik untuk bergabung menjadi Hartroopers, tunggu dulu! Dalam hal ini, Bernhart menetapkan kualifikasi yang sangat spesifik. Setiap calon karyawan Hartlogic harus memahami 5 atribut serta 5 kultur yang diterapkan oleh setiap Hartroopers. Kelima atribut dalam Hartlogic yaitu Humble, Emotional Intelligence, Adaptability, Result Orientation, dan Transparent. Sedangkan 5 kultur yang berlaku yakni Living the Mission, High Energy, Celebrating Success, Endless Improvement, dan Mutual Respect.

“Syarat utama jika mau bergabung ke Hartlogic, mereka harus memahami visi, misi, atribut, serta budaya kerja kami bagaimana. Biasanya, karyawan yang bertahan di sini adalah karyawan yang benar-benar memperhatikan isi website kami. We are a company still really dynamic. Jadi, kami memang membutuhkan orang-orang yang siap untuk tantangan baru,” jelas Bernhart.

Saat ini, kebutuhan rekrutmen Hartlogic mencakup ke bagian managing community/network, business relation, dan government relation. Ketiga posisi tersebut selalu terbuka karena memang selalu dibutuhkan oleh lembaga yang memberdayakan komunitas dan calon entrepreneur. Tak hanya fokus dalam membesarkan skala bisnis, Hartlogic juga fokus terhadap pemerdayaan sumber daya. Karyawan menjadi aset utama dalam berkembangnya sebuah perusahaan. Bernhart mengakui Hartlogic akan terus berdiri selama mampu memberdayakan karyawan yang sudah ada.

“Misi Hartlogic yaitu bagaimana para user bisa saling terhubung dan berkolaborasi. Kita berusaha meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para calon entrepreneur agar bisa building company. Building company bukan berarti mereka harus membuat segalanya dari awal, melainkan bisa juga bergabung di perusahaan orang lain dan ikut membantu mengembangkan bisnisnya di sana.”-

Baca Juga: Yohanes Sugihtononugroho, Anak Kota yang Peduli Bantu Petani

Yang Dilakukan Hartlogic untuk Memberdayakan Sumber Daya

Ada beberapa cara yang dilakukan Hartlogic dalam memberdayakan karyawan. Bernhart menuturkan yang paling penting karyawan mengetahu tujuan bisnis dari perusahaan. Kemudian, sejauh mana perusahaan mengkomunikasikan budaya kerja kepada para karyawannya serta yang terpenting menciptakan suasana kerja yang nyaman, sehingga tidak ada kecanggungan bagi setiap karyawan untuk bersosialisasi.

“Karyawan Hartlogic memiliki proyeknya masing-masing. Ketika mereka ingin melakukan proyek tersebut, harus dipastikan proyeknya apa, berapa lama mengerjakannya, dan yang pasti harus selesai sesuai target. Ini salah satu cara kami menanamkan konsistensi dan komitmen kepada hartroopers,” tuturnya.

‘Mari Kita Wujudkan Sekarang’ merupakan motto Hartlogic yang senantiasa menjadi penyemangat bagi segenap tim di dalamnya. Melalui motto tersebut, Hartlogic mengajak hartroopers bersama para entrepreneur untuk saling berkolaborasi. Karena kolaborasi merupakan jantung dari bisnis yang berkelanjutan.

“Motto hidup saya ‘Coba Lakukan Sekarang’ Hartlogic dimulai dari seseorang yang mau buat website pada awalnya, tidak memiliki visi yang sebesar sekarang. Jadi, mulai aja dulu dari hal yang terkecil. Mungkin itu menjadi masalah buat kamu dan lingkunganmu. Setiap orang memiliki fasenya masing-masing, memiliki timeline-nya masing-masing, dan memiliki situasinya masing-masing. Jangan pernah membandingkan dengan keadaan orang lain,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here