Serba-Serbi Kandungan Gizi Baso Aci yang Super Sedap dan Pedas

1 kandungan gizi baso aci
Sumber: Lifestyle Okezone

Selama dua tahun belakangan ini, baso aci memang menjadi salah satu makanan populer yang disukai banyak orang. Popularitasnya bahkan tak kalah dibandingkan dengan bakso sapi dan jenis makanan lainnya. Ulasan tentang kandungan gizi baso aci tentu penting untuk menambah wawasanmu tentang hidangan favorit ini.

Kalau kamu gemar menyantap baso aci, yuk simak dulu informasi seputar kandungan gizi, manfaat, dan serba-serbi lainnya tentang menu tersebut.

Baso Aci Terbuat dari Tepung Tapioka

Bahan utama baso aci terbuat dari tepung tapioka yang merupakan produk turunan singkong. Itulah sebabnya kandungan gizi baso aci memiliki kalori yang cukup besar dan bisa dijadikan alternatif makanan utama. Kalau kamu bosan menyantap nasi, mi, pasta atau sumber karbohidrat lainnya, baso aci dapat menjadi pilihan yang menggiurkan.

Beragam Manfaat yang Terkandung dalam Seporsi Baso Aci

3 kandungan gizi baso aci
Sumber: Brilicious

Seporsi baso aci kesukaanmu ternyata mengandung beragam manfaat istimewa berikut ini:

  • Baik untuk mendukung kesehatan tulang. Karena tepung tapioka yang merupakan bahan dasar baso aci mengandung kalsium, zat besi, dan vitamin K yang sangat penting untuk tulang.
  • Efektif meminimalkan risiko gangguan pencernaan. Sebab aci mengandung beragam mikronutrien yang dibutuhkan tubuh, yaitu selenium, asam folat, serat, dan vitamin B6. Kamu akan terhindar dari konstipasi, kembung, kanker usus besar, dan gejala gangguan pencernaan lainnya.
  • Membantu menjaga kestabilan tekanan darah. Karena tepung tapioka mengandung kalium yang dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mencegah stres pada pembuluh darah.
  • Meminimalkan risiko anemia. Sebab tepung tapioka juga kaya zat besi yang mendukung proses produksi darah dalam tubuh.

Baca Juga: Mengenal Kandungan Gizi Telur Asin dalam Aneka Makanan Kekinian

Cara Sehat Menikmati Baso Aci

4 kandungan gizi baso aci
Sumber: Traveling Yuk

Agar kandungan gizi baso aci kian bermanfaat bagimu, sebaiknya kamu menyantap baso aci dengan cara-cara sehat ini:

  • Meminimalkan konsumsi bahan tambahan berupa ceker, tetelan sapi, atau jeroan pada baso aci. Karena bahan-bahan pelengkap tersebut sedap tetapi mengandung banyak lemak.
  • Menambahkan sambal atau cabai bubuk secukupnya untuk menyempurnakan rasa. Seporsi baso aci pedas memang sedap dan meningkatkan nafsu makan. Namun, konsumsi cabai berlebihan justru bisa menimbulkan gangguan pencernaan.
  • Hindari mengonsumsi baso aci dengan tambahan nasi, mi, atau sumber karbohidrat lainnya. Sebab sajian beragam jenis olahan aci di dalamnya sudah cukup memenuhi kebutuhan kalori untuk satu kali makan berat.

Nikmatnya seporsi baso aci dengan kandungan gizi lengkap memang cocok dijadikan variasi makanan berat favoritmu. Perut kenyang, lidah senang, tubuh pun tetap sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here