Penggemar Sejarah Wajib Tonton “Chernobyl”, Mini Series Terbaru HBO

Sumber: theatlantic

Saat ini HBO baru saja merilis film mini series terbarunya berjudul “Chernobyl”. Kalau kamu termasuk penggemar sejarah, wajib nih untuk menyaksikan film yang satu ini. Pasalnya, film “Chernobyl” diangkat berdasarkan kisah nyata dari sejarah kelam Uni Soviet.

Film “Chernobyl” Mendapatkan Penilaian Positif dari Kritikus dan Penggemar Film Sejarah

film Chernobyl
Sumber: theatlantic

Dikutip dari laman The Guardian, film “Chernobyl” besutan HBO mendapatkan respon yang sangat positif dari berbagai elemen, mulai dari saksi sejarah, pengamat sejarah, kritikus film, serta orang-orang yang telah menonton film tersebut.

Tak heran, “Chernobyl” memperoleh skor yang sangat baik, yakni 9.7/10 di laman IMDB, serta 95 persen di laman Rotten Tomatoes. “Chernobyl” sendiri mengangkat kisah tragedi nuklir paling mengerikan dalam sejarah yang terjadi di Republik Sosialis Soviet Ukraina.

Tragedi Chernobyl berawal dari kelalaian manusia dalam mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Chernobyl. Satu dari empat reaktor nuklir yang berlokasi di Pripyat, Ukraina, Uni Soviet, meledak pada 26 April 1986 pukul 1:23:45 waktu setempat.

Baca Juga:Mencekam Sekaligus Menarik, Inilah 5 Tempat Wisata Mengerikan di Dunia

Ledakan tersebut menewaskan 31 pekerja secara langsung, dan sedikitnya menewaskan 4000 orang akibat radiasi partikel nuklir pasca ledakan terjadi. Selain itu, sekitar 350 ribu orang harus dievakuasi dari daerah Chernobyl agar tidak terpapar radiasi.

Pemerintah Uni Soviet juga mempekerjakan sekitar 500 ribu orang untuk menangani tragedi ini. Dana yang harus digelontorkan untuk menanggulangi musibah ini juga tidak sedikit, yakni sebesar 18 miliar Rubel atau setara dengan Rp3,5 triliun (kurs saat itu: US$1= Rp1.664).

Sumber: theoutline

Angka pengeluaran tersebut juga memengaruhi kondisi ekonomi Uni Soviet. Bahkan, banyak saksi sejarah yang mengatakan bahwa tragedi Chernobyl merupakan penyebab utama pecahnya kesatuan Uni Soviet.

PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) juga menetapkan tragedi Chernobyl sebagai tragedi nuklir terburuk sepanjang sejarah umat manusia. Bahkan, daya radiasi yang dihasilkan oleh ledakan Chernobyl setara dengan 400 kali lipat dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.

Baca Juga: Jika Perang Nuklir Terjadi, Hewan-Hewan Inilah yang Kemungkinan Besar Selamat!

Sampai saat ini, kota Pripyat yang menjadi lokasi PLTN Chernobyl juga masih di karantina. Belum diketahui secara pasti kapan radiasi nuklir Chernobyl akan hilang seutuhnya. Namun, menurut hasil penelitian para ahli, radiasi Chernobyl akan hilang pada sekitar tahun 2700 mendatang.

Nantinya, dalam film “Chernobyl”, akan banyak dijelaskan lebih rinci tentang bagaimana PLTN Chernobyl bisa meledak. Selain alur cerita yang sesuai dengan sejarah, para karakter yang terdapat di film “Chernobyl” juga diselaraskan dengan tragedi aslinya.

Sejauh ini, film “Chernobyl” sudah dirilis sebanyak 5 episode dengan durasi tayang sekitar 1 jam per episode. Karena tergolong ke dalam mini series, maka film ini juga sudah resmi selesai. HBO juga belum memberikan klarifikasi seputar kelanjutan film ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here