Sekarang Belanja di Toko Offline Bisa Dicicil dengan Akulaku

Sekarang Belanja di Toko Offline Bisa Dicicil dengan Akulaku
Source: ohayo

Akulaku telah memiliki 10 juta pengguna. Aplikasi online-nya bisa digunakan untuk berbelanja secara dicicil di lokasi-lokasi merchant yang telah bekerjasama.

Akulaku menyediakan barang-barang kebutuhan yang bisa dicicil. Beragam produk yang ada ditawarkan melalui aplikasinya. Pengguna bisa memilih barang yang diinginkan dan membelinya. Semua dilakukan secara online. Bedanya dengan e-commerce adalah pembeli bisa mencicil barang-barang yang dibelinya.

Limit kredit yang diberikan adalah 3 sampai 20 juta rupiah. Dengan limit tersebut pengguna bisa mencicil barang mereka dengan masa cicilan hingga 12 bulan.

Menggunakan Akulaku di Counter Offline

Langkah menyediakan cicilan barang secara online diikuti pula dengan menyediakan cicilan barang yang dibeli di counter-counter konvensional atau toko offline. Untuk itu, Akulaku bekerjasama dengan vendor penjual dan pemilik merk (merchant). Dirangkum Berita Satu, sampai saat ini para merchant tersebut sudah mencapai jumlah 20.000 merchant. Mayoritas berada di kawasan Jabodetabek.

Menggunakan Akulaku di Counter Offline
Foto: tokopedia

Dengan demikian, jika ingin berbelanja, pembeli hanya tinggal membawa gadgetnya ke merchant-merchant yang ada. Mereka tidak perlu melakukan pembayaran cash atau kartu debit.

“Cara menggunakan fitur ini cukup mudah. Buka aplikasi Akulaku, klik icon pada pojok kanan aplikasi. Arahkan kamera ke arah barcode yang ada di merchant, dan verifikasi menggunakan one time password untuk melakukan transaksi,” papar Martha Adlina, selaku Komisaris Akulaku.

Baca Juga: Mengintip Kiprah Blanja, Marketplace Plat Merah Milik Telkom

Merchant Akulaku
Foto: ohayo

Sebelumnya di ranah online, Akulaku juga telah bekerjasama dengan Bukalapak untuk menyediakan layanan berbelanja barang di Bukalapak. Metode pembayarannya juga dicicil dengan persyaratan yang ringan. Jika ingin berbelanja secara kredit di Bukalapak, pembeli sebelumnya sudah harus mengunduh aplikasi Akulaku dan Bukalapak di gadgetnya. Selanjutnya setelah kedua aplikasi tersebut terkoneksi, pembeli bisa masuk ke fitur ‘Buka Cicilan’ yang ada di aplikasi Bukalapak.

Akulaku didirikan pada 2016 lalu. Setengah tahun setelah berdiri, aplikasi yang dirilis oleh perusahaan ini sudah diunduh 1 juta kali. Tahun berikutnya perusahaan mencatat telah memiliki 1 juta pengguna terdaftar. Per September lalu, Akulaku merilis kabar bahwa perusahaan tersebut telah memiliki 10 juta pengguna. Sebagian besar berada di Pulau Jawa.

Mendatang, perusahaan yang bernaung dibawah bendera PT Artha Silvrr Indonesia ini berencana untuk menyediakan layanan non-komersial berupa cicilan pembayaran biaya pendidikan dan kesehatan.

Beri komentar Anda tentang artikel ini