Hati-Hati, Ini Ciri-Ciri Lowongan Kerja Bodong. Jangan Sampai Ketipu!

Lowongan kerja bodong alias palsu makin marak ditemukan di zaman sekarang. Kecanggihan teknologi ternyata bisa mempermudah para pemberi kerja palsu untuk membuat penipuan. Beberapa pelamar kerja pun bisa saja menjadi korbannya loh.

Kesulitan mencari pekerjaan di masa pandemi mungkin cukup bikin kamu frustrasi. Namun, jangan sampai kamu tertipu oleh lowongan kerja bodong ya. Berikut ciri-cirinya!

Persyaratan Mudah dengan Gaji Menjanjikan

Salah satu ciri jelas dari lowongan kerja bodong adalah pemberian iming-iming gaji tinggi. Sementara, gaji tinggi tersebut sangat tidak relevan dengan kemudahan syarat bagi pelamar. Misalnya, tidak diperlukan pengalaman kerja, tidak ada batasan pendidikan, bahkan usia bebas.

Kamu wajib waspada jika menemukan lowongan semacam ini. Daripada membeli kucing dalam karung, lebih baik kamu abaikan lowongan yang mencurigakan. Pertimbangkan baik-baik, mampukah seseorang dibayar terlampau tinggi dengan pengalaman minim?

Nama Perusahaan Terdengar Asing

Selanjutnya, hati-hati juga pada nama perusahaan yang terdengar asing. Memang sekarang sudah sangat banyak perusahaan bermunculan, mulai dari kecil hingga besar. Meski terasa sulit membedakan asli dan palsu, cobalah untuk telusur di internet.

Bayangkan reputasi sebuah perusahaan terlihat dari website-nya. Jika perusahaan tersebut memakai nama website dengan domain gratisan, bisa jadi itu adalah lowongan kerja bodong. Sebuah perusahaan yang baik setidaknya pasti punya website berbayar dan layak.

Baca Juga: Trik-Trik Efektif Memanfaatkan Website Lowongan Kerja Secara Maksimal

Lokasi Perusahaan Berbeda dengan di Internet

Untuk memastikan keberadaan perusahaan di lowongan kerja, coba cek alamatnya di internet. Cocokkan alamat yang tertera di lowongan dengan alamat di internet. Andai ada perbedaan di antara keduanya, kamu harus hati-hati nih.

Ada kalanya sebuah lowongan kerja dibuat dengan mencatut nama perusahaan besar. Kalau kamu ragu, cek saja alamat, nomor telepon, serta email yang tertera. Selidiki dulu kebenarannya sebelum terlanjur melamar ke perusahaan bodong.

Meminta Bayaran Sejumlah Uang

Terakhir, lowongan kerja bodong biasanya terlalu berani terang-terangan memungut biaya rekrutmen ke pelamar kerja. Padahal, sebuah lowongan kerja yang benar tidak akan melakukannya. Jangan sampai kamu melamar ke perusahaan semacam ini ya!

Proses rekrutmen karyawan baru pastinya gratis bagi pelamar. Jika kamu dimintai sejumlah uang dalam proses rekrutmen, tanyakan saja fungsinya untuk apa. Bahkan, tak perlu ragu untuk menolak tawaran pekerjaan itu.

Semoga informasi di atas bisa menghindarkanmu dari penipuan lowongan kerja bodong. Tetap waspada dan cermat saat melamar ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here