4 Ciri Istimewa Ini Menunjukkan Bahwa Anda Cocok Menjadi Dosen

cocok menjadi dosen
Sumber : Faculty Focus

Profesi dosen kerap dianggap remeh oleh sebagian orang. Padahal, penghasilan dosen ternyata cukup menjanjikan. Selain itu, Anda harus menempuh jalan yang panjang bila ingin menjadi dosen. Tidak semua orang cocok menjadi dosen, karena dosen harus memiliki passion dan memenuhi kualifikasi tertentu.

Jika Anda Memiliki 4 Ciri Istimewa Ini, Berarti Anda Memang Cocok Menjadi Dosen

Dunia pendidikan tentunya akan semakin berkualitas jika Anda memiliki kompetensi yang cukup sebagai dosen.

Memiliki Passion di Bidang Pendidikan

Sumber : Pinterest

Passion adalah hal terpenting yang harus Anda miliki bila ingin menjadi dosen. Cocok menjadi dosen memang bukan hanya perkara pendidikan akademis saja. Lebih dari itu, keinginan untuk memajukan kualitas pendidikan di tanah air juga tak kalah penting. Anda harus memiliki dedikasi yang tinggi dan peka terhadap perkembangan zaman agar bisa menjadi dosen berkualitas.

Baca Juga: Jangan Ragu Kuliah Lagi, Ini Manfaat S2 bagi Karier Anda!

Selalu Mengikuti Perkembangan Teknologi

Sumber : Free PIK

Perkembangan teknologi bukan sekadar kemampuan untuk menggunakan gadget dan laptop. Seorang dosen berkualitas juga harus memahami perkembangan software dan teknologi lain yang berhubungan dengan disiplin ilmunya. Sehingga, dosen tersebut tidak mengalami ketertinggalan jika dibandingkan dengan mahasiswa. Teknologi yang berkembang pesat memang sudah sepatutnya membuat Anda termotivasi untuk selalu giat mempelajarinya.

Senang Bertemu dengan Banyak Orang

Sumber : Sell My Appleton House

Seorang dosen tentu harus bertemu dengan banyak orang setiap hari, mulai dari mahasiswa, rekan-rekan dosen lain, hingga petinggi universitas. Jadi, Anda juga harus supel dan senang bertemu dengan banyak orang agar nyaman menjalankan profesi yang satu ini. Orang yang cocok menjadi dosen biasanya antusias dan supel saat beraktivitas bersama orang lain. Ilmu yang dimiliki akan dibagikan dengan cara yang menyenangkan tanpa terkesan menggurui.

Mahir Membagi Waktu

Sumber : Lab Manager

Kini, banyak lulusan S2 yang menjalani profesi dosen sebagai pekerjaan sampingan. Hal ini tentu sah-sah saja asalkan Anda memang mahir membagi waktu. Jangan sampai, urusan pekerjaan Anda di bidang pendidikan jadi terbengkalai karena Anda kesulitan membagi waktu. Bila Anda sering telat mengajar di kampus dan susah bertemu mahasiswa, berarti Anda belum dapat membagi waktu secara efektif. Pekerjaan utama maupun profesi sebagai dosen harus berjalan beriringan tanpa mengganggu satu sama lain.

Jika Anda merasa memiliki empat ciri istimewa tersebut, mungkin sudah saatnya Anda berkecimpung di dunia pendidikan universitas. Mulailah menjalani pendidikan akademis di jenjang yang lebih tinggi untuk mewujudkan passion di bidang pendidikan. Karena cocok menjadi dosen juga perkara panggilan hati.

Beri komentar Anda tentang artikel ini