Deteksi 3 Ciri Ini untuk Hindari Masalah Komunikasi di dalam Tim

Komunikasi adalah aspek paling penting yang perlu dipelihara di dalam sebuah tim. Mengabaikan masalah komunikasi yang muncul hanya akan menimbulkan masalah baru.

Ya, buruknya komunikasi dalam tim akan membuat anggota tim kehilangan arah tentang prioritas, tujuan, dan tugasnya masing-masing. Nah, agar kinerja tim kamu tidak terganggu, segeralah ambil tindakan jika kamu melihat ciri-ciri masalah komunikasi berikut ini:

Duplikasi Pekerjaan

Ketika komunikasi tidak berjalan semestinya akan ada banyak hal menjadi tidak sinkron, termasuk soal pembagian tugas dan tanggung jawab. Beberapa kasus tentang duplikat pekerjaan menunjukkan komunikasi yang salah adalah penyebab utamanya.

Misalnya, ada dua anggota tim kamu mengerjakan pekerjaan yang sama karena tidak adanya komunikasi, lalu keduanya menghasilkan laporan yang berbeda. Situasi ini jelas tidak efektif karena hasil yang dilakukan salah satu dari mereka tidak akan digunakan karena tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Pekerjaan Tidak Selesai

Masalah komunikasi yang serius juga menyebabkan banyak pekerjaan tidak selesai. Situasi ini kebalikan dari masalah poin di atas ketika anggota tim mengerjakan tugas yang sama.

Baca Juga: Pelajari 5 Trik Penting Komunikasi di Lingkungan Kerja

Dalam hal ini, ketika komunikasi tidak lancar bisa menyebabkan terbengkalainya pekerjaan karena pendelegasian tugas tidak diarahkan dengan benar. Imbasnya, anggota akan merasa tidak memiliki tugas tertentu dan mengabaikannya.

Tidak Memiliki Prioritas yang Sama

Komunikasi yang berantakan mengantarkan setiap anggota untuk tidak peduli dengan pekerjaan rekannya sekali pun itu rekan satu tim. Mengapa hal tersebut terjadi?

Penyebabnya karena mereka tidak merasa saling memiliki satu sama lain, tidak ada hal yang dikomunikasikan dengan baik sehingga prinsip kerjanya “yang penting pekerjaan saya selesai”. Akhirnya nilai tim merosot.

Prioritas yang berbeda menyebabkan setiap orang memiliki ritme kerjanya masing-masing tanpa mau ada sinkronisasi satu sama lain.

Nah, jangan sampai kinerja tim kamu berantakan karena sinyal-sinyal negatif tersebut ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here