5 Ciri People Pleaser di Kantor. Jangan Sampai Kamu Salah Satunya!

People pleaser adalah salah satu karakter orang yang paling mudah dijumpai di tempat kerja. Orang-orang dengan karakter ini sebenarnya tidak bertujuan untuk mencari muka atau bertindak baik secara berlebihan. Sayangnya, kecenderungan sikap tersebut malah rentan menyebabkan kekacauan di lingkungan kerja.

Mau tahu ciri-ciri seorang people pleaser di tempat kerja? Siapa tahu kamu termasuk salah satu di antaranya tetapi tidak menyadarinya. Ini dia ulasannya!

Enggan Berkata Tidak kepada Orang Lain

Seorang people pleaser biasanya merasa sangat sulit berkata tidak kepada orang lain. Akibatnya, setumpuk beban pekerjaan dan tanggung jawab lainnya terpaksa dipikul sendirian. Sebenarnya, berkata tidak kepada rekan kerja atau atasan bukanlah sesuatu yang haram.

Kamu berhak berkata tidak jika diminta bertanggung jawab terhadap hal-hal di luar kewajibanmu. Apalagi bila hal tersebut sama sekali tidak berhubungan dengan urusan pekerjaan kamu dan tim yang bersangkutan.

Sulit Mengemukakan Pendapat Pribadi

Tak dapat dipungkiri kalau biasanya people pleaser juga sulit mengemukakan pendapat pribadi. Biasanya sosok dengan karakter ini cenderung mengikuti kelompok dengan pendapat mayoritas.

Hal ini dilakukan demi mengamankan posisi diri sendiri. Kadang kala, keengganan mengemukakan pendapat pribadi juga bertujuan untuk menjaga perasaan orang lain.

Senang Saat Berkenalan dengan Orang Baru

Bertemu orang-orang baru di lingkungan kerja adalah suatu kesenangan bagi people pleaser. Sebab people pleaser bisa membentuk citra positif di hadapan orang-orang baru tersebut.

Orang yang belum lama mengenal sosok si baik hati ini kemungkinan besar akan merasa senang dan beranggapan positif. Padahal, lama-kelamaan sikap menyenangkan hati semua orang justru bisa mendatangkan masalah besar tak terduga.

Membutuhkan Pujian dari Orang Lain

Salah satu karakter buruk yang melekat pada orang-orang people pleaser adalah perasaan butuh pujian dari orang lain. Pujian tersebut dianggap sebagai pengakuan bahwa dirinya memang benar-benar baik.

Inilah yang membuat banyak orang terpaksa bersikap palsu untuk menyenangkan rekan kerja yang haus pujian dan memiliki relasi kuasa lebih tinggi (misalnya atasan).

Baca Juga: Sering Mengalami Tanda-Tanda Ini? Mungkin Kamu Sosok Overachiever!

Mementingkan Pendapat Orang Lain dalam Mengambil Keputusan

Sikap plin-plan memang tak bisa lepas dari karakter people pleaser. Saking plin-plannya, orang-orang ini terbiasa mementingkan pendapat orang lain dalam mengambil keputusan. Karakter tersebut akhirnya membuat seseorang tidak mandiri dan tidak punya bekal cukup sebagai pemimpin yang bijaksana.

Apakah ciri-ciri tersebut sesuai dengan karakter kamu di tempat kerja?

Belum terlambat menghindari karakter people pleaser bila kamu baru menyadarinya sekarang. Jadilah pribadi yang profesional dan punya prinsip di mana pun kamu berkarier.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here