3 Pertanyaan untuk Mengetahui Apakah Anda akan Cocok dengan Budaya Perusahaan

cocok dengan budaya perusahaan
Sumber: urbanbalance

Anda makan dengan rekan-rekan kerja Anda, menghabiskan pagi dan bahkan larut malam bersama untuk lembur, bergosip, merayakan berbagai hal, dan bahkan kadang berdebat. Karena itu, rekan kerja bagaikan keluarga. Dan pasti jika Anda bisa memilih, Anda tak ingin ada di sebuah keluarga yang tidak nyaman, bukan? Tak ada yang bisa memberikan prediksi seperti ramalan bola kristal terhadap masa depan kebahagiaan Anda di sebuah perusahaan, dan sebagian besar pihak perusahaan yang Anda temui pada saat wawancara kerja menampilkan sisi terbaik mereka. Namun, ada beberapa cara untuk mengetahui apakah Anda akan cocok dengan budaya perusahaan yang tengah Anda lamar. Ajukan pertanyaan-pertanyaan berikut ini sebelum Anda memutuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan untuk memastkan bahwa Anda akan cocok dengan budaya perusahaan tersebut.

Untuk Tahu Apakah Anda Cocok dengan Budaya Perusahaan, Ajukan Pertayaan-Pertanyaan Ini

“Apakah deskripsi perusahaan atau perusahaan ini terdengar seperti saya?”

Sumber: themuse

Ini bukanlah sebuah pertanyaan untuk ditanyakan pada saat wawancara kerja, namun Anda bisa menanyai diri Anda sendiri pertanyaan ini pada saat persiapan wawancara. Ketika Anda melakukan riset dan menemukan sebanyak mungkin fakta tentang perusahaan tersebut, bacalah juga apa yang dikatakan perusahaan tersebut tentang mereka sendiri di situs perusahaan. Periksalah juga deskripsi dari pekerjaan yang Anda lamar. Beberapa deskripsi dibuat dengan cara yang akan membuat Anda merasa, “Iya, ini saya banget!” namun, di saat-saat lain, Anda bisa membaca sebuah deskripsi kerja dan tidak merasa pekerjaan tersebut cocok bagi Anda.

Misalnya, jika Anda adalah seorang introvert dan deskripsinya tertulis, “Apakah Anda adalah seorang individu dinamis yang menyukai interaksi dengan orang-orang baru setiap hari?” maka jelas Anda tidak akan cocok dengan budaya perusahaan. Anda juga bisa menanyai teman Anda apakah deskripsi sebuah pekerjaan cocok dengan Anda.

Baca Juga : 5 Tanda yang Menunjukkan bahwa Rekan Kerja Selingkuh di Kantor

“Apa yang suka Anda lakukan di luar kerja?”

Sumber: thebalance

Anda akan menghabiskan banyak waktu bersama orang-orang yang akan bekerja bersama Anda nantinya, bahkan di luar jam-jam kerja normal, seperti pada konferensi, perayaan, ajang networking, dan lain-lain. Karena itu, mengetahui apa yang suka mereka lakukan ketika tidak sedang bekerja bisa memberikan Anda pemahaman seperti apa mereka dan apakah nantinya Anda akan cocok dengan budaya perusahaan.

Ingatlah bahwa proses wawancara sebenarnya dua arah, jadi Anda sebenarnya berhak menanyakan satu atau dua hal mengenai apa yang mereka sukai dan tidak sukai. Dengan ini, Anda akan tahu apakah orang-orang yang ada di sana punya pikiran dan gaya hidup yang cocok dengan Anda atau tidak. Misalnya, jika Anda jomblo dan tinggal di kota, sedangkan semua rekan kerja Anda sudah menikah, puunya anak, dan tinggal agak jauh dengan tempat kerja, maka Anda akan tahu bahwa Anda tak akan bisa banyak bergaul dengan mereka. Begitu pula sebaliknya, jika Anda hobi bersepeda dan menemukan bahwa perusahaan itu punya klub sepeda, maka Anda bisa menganggap ini nilai lebih.

“Apa yang Anda sukai dari bekerja di tempat ini?”

membuktikan kemampuan

Ini adalah salah satu pertanyaan paling spesifik untuk mengetahui apakah Anda akan cocok dngan budaya perusahaan. Perusahaan ini memainkan rasa bangga perusahaan, dan bisa jadi sebuah hal yang strategis. Jika seseorang bisa menjawab dengan cepat apa hal-hal yang ia cintai dari perusahaannya, maka ini menunjukkan bahwa ia benar-benar menyukainya. Namun, Anda juga sebaiknya menanyakan yan sebaliknya pula. Misalnya, “Jika Anda bisa mengubah dua hal tentang perusahaan Anda, apa ini?” Namun pastikan Anda hanya menanyakan ini setelah Anda menanyakan hal-hal favorit sang pewawancara atau karyawan, sehingga ini tidak dianggap sebagai sesuatu yang di luar konteks.

Beri Komentar Anda

komentar