Commemorative Money: Serba-Serbi Uang Rp75 Ribu Baru

Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, Bank Indonesia merilis uang lembaran dengan satuan Rp75 ribu. Beberapa hal menarik ikut menyertai dirilisnya commemorative money tersebut.

Uang lembaran baru Rp75 ribu yang dirilis Bank Indonsia menandai pembangunan yang dilakukan di Indonesia dalam rentang waktu 75 tahun. Berbeda dengan uang pecahan lainnya, pecahan baru ini dirilis dalam jumlah yang terbatas, yakni hanya 75 juta lembar.

Selain jumlahnya yang terbatas, ada beberapa fakta menarik lain dari dirilisnya pecahan Rp75 ribu ini. Berikut ini di antaranya:

Tiga Angka Nol pada Lembaran Rp75 Ribu

Commemorative money yang dirilis Bank Indonesia menggunakan desain berbeda di masing-masing sisinya. Di sisi yang pertama terdapat penggambaran dua momen, yakni masa lalu dan masa sekarang. Momen masa lalu menggunakan peristiwa pengibaran bendera di hari Proklamasi. Terdapat pula wajah kedua proklamator RI yakni Soekarno-Hatta. Sedangkan momen masa sekarang digambarkan dengan keberadaan gerbong kereta MRT.

Pada sisi lainnya, uang ini menempatkan gambar sembilan anak Indonesia yang masing-masing mengenakan pakaian adat yang berbeda.

Hal menarik lainnya, yaitu uang ini menggunakan tiga angka 0 (nol) berukuran kecil, alias ukurannya tidak sama dengan angka 75 yang ada di depannya.

Selain itu kabarnya, uang ini lebih sulit untuk dipalsukan. Hal ini dikarenakan pihak BI menggunakan teknologi baru saat mencetaknya. Beberapa intaglio alias penanda yang digunakan di uang ini ditempatkan pada frasa dan logo burung Garuda.

Baca Juga: Agar Makin Cermat Mengatur Keuangan, Yuk Kenali Aneka Spending Trigger!

Cara Mendapatkan Commemorative Money

Cara mendapatkan lembaran Rp75 ribu ini berbeda dengan cara mendapatkan pecahan-pecahan lain yang sebelumnya dirilis. Bank Indonesia hanya melayani pemesanan melalui aplikasi PINTAR dan situs resmi BI, yaitu pintar.bi.go.id. Pemesanan dilakukan dengan meng-input data diri sesuai dengan kartu identitas (KTP). Satu pemesan hanya boleh mendapatkan satu lembar uang Rp75 ribu.

Setelah melakukan input data diri, pemesan bisa mencetak bukti pemesanan dan membawanya bersama KTP ke tempat penukaran. Lokasi penukaran adalah bank-bank yang ditunjuk. Di antaranya, Bank Mandiri, BRI, BCA dan CIMB Niaga.

Lembaran Rp75 Ribu Dihargai Jutaan

Sumber: wowkeren.com

Commemorative money yang dirilis Bank Indonesia kali ini punya keunikan tersendiri. Bank Indonesia sebelumnya pernah merilis commemorative money beberapa kali. Pertama, pada peringatan HUT RI ke-25. Kedua, peringatan HUT RI ke-45, dan terakhir pada peringatan HUT Ri ke-50.

Hanya saja, ketiga commemorative money yang dirilis pada ketiga peringatan tersebut semuanya merupakan uang logam. Sedangkan uang Rp75 ribu yang baru saja dirilis merupakan uang kertas.

Karenanya, uang ini diburu oleh para kolektor. Bahkan, uang yang resmi digunakan sebagai alat tukar ini sudah ludes dipesan tidak lama setelah pemesanan dibuka, yaitu pada tanggal 17 Agustus lalu.

Kabarnya, uang ini juga diperjual belikan secara daring dengan harga melebihi nominal yang tertera di uang tersebut. Beberapa penjual di e-commerce menawarkannya dengan harga yang bervariasi. Mulai dari Rp250 ribu hingga Rp50 juta lho.

Nah, bagaimana, kamu tertarik untuk ikut mengoleksi commemorative money?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here