5 Pertanyaan Pelamar Saat Interview agar Kamu Terlihat Profesional

Sesi wawancara kerja ternyata bukan sekadar soal menanggapi dan menjawab pertanyaan rekruter saja lho. Tim Human Resource Department (HRD) ingin bertemu kandidat karyawan yang proaktif dan bersedia mengajukan pertanyaan berbobot. Itulah sebabnya, kamu harus menguasai beberapa pertanyaan pelamar saat interview agar kamu terkesan profesional dan siap bekerja.

Mau tahu apa saja pertanyaan pelamar saat interview yang bisa menimbulkan kesan baik di hadapan rekruter? Inilah ulasannya!

Berapa Jumlah Pelamar pada Posisi Pekerjaan ini?

Pertanyaan pelamar saat interview yang satu ini dapat mencerminkan antusiasme kamu untuk memperoleh pekerjaan. Setelah mendapatkan jawaban dari tim pewawancara, kamu bisa menyampaikan pesan yang menyiratkan kamu orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

Contohnya, kamu menyebutkan pengalaman, keahlian kerja, atau karakter pribadi yang membuatmu dapat bertanggung jawab terhadap pekerjaan tersebut dengan baik.

Baca Juga: Pertanyaan Wawancara Kerja Startup yang Penting untuk Persiapanmu

Bagaimana Cara Perusahaan Mencapai Kesuksesan Seperti Sekarang?

Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan tentang kondisi perusahaan secara umum. Pertanyaan pelamar saat interview menggambarkan bahwa pelamar merupakan sosok yang peduli terhadap kemajuan perusahaan.

Jadi, kamu tak perlu ragu membahas kesuksesan pencapaian perusahaan dengan tim pewawancara. Hal sederhana ini akan membuat pewawancara yakin bahwa kamu adalah sosok yang tepat untuk mendukung kemajuan perusahaan di masa depan.

Harapan Apa yang Ditargetkan Perusahaan untuk Posisi Kerja Ini?

Setiap perusahaan pasti memiliki target tersendiri yang mesti dicapai karyawannya. Pertanyaan pelamar saat interview ini sangat relevan dengan realita dunia kerja tersebut. Kamu bisa menentukan rentang waktu saat menanyakannya, misalnya “apa yang diinginkan perusahaan dari posisi desainer grafis ini dalam satu tahun mendatang?”.

Melalui pertanyaan ini, kamu tidak cuma membuat pewawancara terpukau tetapi juga dapat memperkirakan tujuan jangka panjang perusahaan dan menyiapkan diri untuk beradaptasi.

Program Pelatihan Apa Saja yang Disiapkan Perusahaan untuk Karyawan?

Kamu juga akan terkesan profesional dan menarik bila mengajukan pertanyaan pelamar saat interview yang berkaitan dengan pelatihan kerja. Pertanyaan tersebut menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang gemar belajar hal-hal baru.

Nantinya, kamu juga bisa mengukur kecocokan dengan perusahaan tersebut melalui jawaban tentang pelatihan yang disiapkan bagi karyawan. Usahakan untuk bekerja di perusahaan yang senantiasa berupaa meningkatkan kompetensi para karyawannya.

Seperti Apa Mekanisme Penilaian Kinerja yang Dilakukan Perusahaan?

Satu pertanyaan pelamar saat interview yang patut kamu pertimbangkan, yaitu tentang penilaian kerja karyawan. Kalau kamu mengajukan pertanyaan ini, kemungkinan besar kamu dianggap sebagai pribadi yang selalu bersedia meningkatkan kualitas diri sendiri. Karena semua posisi kerja harus dinilai secara teratur untuk mengukur kontribusi bagi perusahaan.

Sekarang kamu paham kan kalau pertanyaan pelamar saat interview yang terkesan cerdas akan menjadi nilai tambah bagi diri sendiri. Jadi, jangan ragu bertanya agar peluang mendapatkan pekerjaan semakin besar, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here