Inilah 5 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja yang Paling Sering Ditanyakan dan Cara Menjawabnya

contoh pertanyaan wawancara kerja

Tahap wawancara kerja merupakan gerbang awal yang harus dilewati setiap pelamar kerja sebelum mendapatkan pekerjaan impian. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan persiapan sematang mungkin sebelum datang ke wawancara kerja. Salah satu yang bisa Anda persiapkan adalah mengetahui contoh pertanyaan wawancara kerja yang paling sering dilontarkan oleh pihak perusahaan.

Dengan mengetahui pertanyaan apa saja yang biasa ditanyakan pada saat wawancara kerja, Anda bisa mempersiapkan jawaban yang lebih siap dan meyakinkan. Hal ini tidak terhitung curang karena pada dasarnya setiap jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak ada yang salah maupun benar. Namun dengan mempersiapkannya terlebih dahulu, Anda bisa lebih percaya diri dan memberikan kesan yang lebih profesional pada pewawancara.

Nah, beberapa contoh pertanyaan wawancara kerja ini memang terkesan umum, namun memiliki kemungkinan paling tinggi untuk ditanyakan dalam setiap wawancara. Ini di antaranya beserta cara menjawabnya.

Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja yang Paling Sering Ditanyakan

pertanyaan sebelum meninggalkan wawancara

“Apa Kekuatan Terbesar dari Diri Anda?”

Contoh pertanyaan wawancara ini merupakan salah satu yang paling sering ditanyakan kepada para calon kandidat. Lantas, bagaimana cara merespon atau menjawab pertanyaan ini tanpa terkesan sombong dan berlebihan? Pertama-tama, Anda harus bisa menjabarkan apa saja keahlian maupun keunikan yang Anda punyai beserta hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar. Setelahnya, katakan hal apa saja yang menjadikan kelebihan Anda berbeda dari kandidat lainnya.  Nah, untuk itu sebelumnya Anda harus meriset dengan benar mengenai pekerjaan yang dilamar dan apa saja dari keahlian Anda yang bisa dikaitkan dengan itu. Dengan jawaban seperti ini, Anda akan memberikan kesan yang kuat bahwa Andalah kandidat yang paling dicari untuk pekerjaan tersebut.

“Apa Kelemahan Terbesar dari Diri Anda?”

Pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan yang paling sering muncul dalam wawancara kerja karena sifatnya yang menjebak, namun efektif untuk mengetahui lebih dalam mengenai diri kandidat. Nah, salah satu cara mudah untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan menjabarkan hal-hal positif dalam diri Anda sebagai kekurangan. Contohnya,

“Saya memiliki kepribadian perfeksionis, di mana dalam setiap pekerjaan saya jadi sangat detail dan fokus dengan hasil. Namun, hal ini menutup mata saya terhadap hal kecil lainnya yang sebenarnya juga berperan besar dalam keberhasilan suatu pekerjaan, seperti proses dan tim di dalamnya.”

Anda juga bisa menyertakan jawaban tambahan dengan menyinggung apa saja hal-hal yang sudah Anda lakukan untuk menguranginya, sehingga pewawancara bisa melihat dengan serius bahwa Anda memang benar-benar berusaha untuk menjadi lebih baik.

Baca Juga : Dua-duanya Diperlukan dalam Dunia Kerja, Apa Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill?

“Ceritakan tentang Diri Anda!”

Cara menjawab pertanyaan ini sebenarnya tidak sulit asal Anda tahu apa saja yang harus Anda singgung. Pertama-tama, tidak mungkin Anda menyinggung semua hal yang berkaitan dengan diri Anda karena bisa jadi sangat panjang. Anda bisa memulai dengan memberitahukan pengalaman maupun ketertarikan Anda dalam bidang-bidang tertentu, seperti hobi, pendidikan, ataupun siapa dan apa yang menjadi motivasi Anda. Topik-topik yang harus Anda hindari adalah hal-hal yang berbau pandangan politik maupun agama.

“Kenapa Kami Harus Menerima Anda?”

Untuk menjawab pertanyaan ini Anda harus mempersiapkan jawaban sebelumnya dengan matang. Tidak ada teori pasti untuk menjawab pertanyaan ini. Yang harus Anda ingat adalah ini bukan waktunya untuk terlihat tidak menonjolkan diri. Cobalah untuk lebih percaya diri dalam menjawab, dan berikan jawaban yang singkat dan jelas mengenai apa saja kontiribusi yang bisa Anda berikan untuk perusahaan, dan kenapa Anda adalah kandidat yang paling tepat. Namun ingat, jangan melakukannya secara berlebihan karena bisa membuat pewawancara berpikir Anda adalah sosok yang sombong dan terlalu mengada-ngada.

“Mengapa Anda Menginginkan Posisi Ini?”

Ini merupakan satu lagi contoh pertanyaan wawancara kerja yang kerap muncul dari HRD perusahaan. Pertanyaan ini ingin menguji seberapa banyak pengetahuan Anda tentang pekerjaan tersebut dan perusahaan yang bersangkutan. Untuk menjawab pertanyaan ini dengan baik, Anda perlu melakukan riset mendalam sebelumnya, seperti apa saja deskripsi pekerjaannya, produk maupun jasa perusahaan, hingga visi dan misinya. Jabarkan jawaban dengan spesifik mengenai apa saja kemampuan Anda yang cocok untuk pekerjaan tersebut, dan singgung apa saja hal-hal dari perusahaan yang membuat Anda tertarik bekerja di sana.