Tips Wajib bagi Fresh Graduate Saat Menulis CV untuk Melamar Kerja

cv untuk melamar kerja
Sumber : cv-library

Bingung harus memulai dari mana, itulah masalah yang paling sering dirasakan fresh graduate ketika harus membuat CV untuk melamar kerja. Tidak memiliki pengalaman kerja yang bisa dimasukkan ke dalam CV tersebut, lalu apa yang bisa menjadi daya tarik? Mungkin hal inilah yang sering kali menjadi persoalan tersendiri ketika pertama kali menulis resume atau CV. Aturan seperti apa yang harus Anda ikuti sebagai acuan untuk membuat CV yang baik saat melamar kerja? Bukan hanya masalah isi dari CV tersebut, masalah format atau template juga sering kali membuat para lulusan baru kebingungan. Sebab tidak ada aturan tertulis atau standar yang dinyatakan mengenai seperti apa seharusnya seorang pelamar kerja membuat CV atau surat lamaran kerja. Maka dari itu, untuk Anda fresh graduate, pahami beberapa tips berikut mengenai hal penting saat menulis CV untuk melamar kerja.

Tips Menulis CV Fresh Graduate untuk Melamar Kerja

Menulis Resume untuk Fresh Graduate

Format yang Tepat, Keep It Simple!

Beberapa orang mencoba menarik perhatian tim rekrutmen dengan cara menuangkan seluruh kreativitasnya dalam CV. Mulai dari format, template, hingga konsep CV yang nyatanya malah dinilai agak berlebihan dan tidak perlu. Menjadi kreatif itu perlu, namun bukan berarti Anda bisa membuat format dan desain CV Anda sembarangan. Aturan pertama adalah buatlah CV kerja Anda dengan simpel dan mudah terbaca. Bisa dibayangkan jika ribuan CV yang menumpuk itu menggunakan jenis font yang terlalu unik atau berlebihan dalam memasukkan gambar. Tim rekrutmen akan kesulitan untuk melakukan scanning dan tidak tersampaikan apa yang coba Anda tonjolkan dalam CV tersebut. Pilihlah warna yang netral dan tidak terlalu berat untuk diaplikasikan pada CV Anda.

Mewakili Diri Anda

CV (Curriculum Vitae) ataupun resume yang Anda gunakan untuk melamar kerja harus bisa merepresentasikan diri Anda. Ingatlah jika saat Anda memasukkan CV untuk melamar posisi tertentu di perusahaan, tim rekrutmen hanya bisa melihat Anda dalam bentuk dokumen saja. Buatlah CV Anda sebaik mungkin dengan tujuan memberikan first impression yang baik saat scanning atau tahap administrasi. Ceritakan apa yang membuat Anda terlihat menonjol dan apa potensi yang masih bisa dikembangkan. Namun harus diingat juga, dalam menulis CV bukan berarti Anda bisa memasukkan semuanya untuk mewakili diri Anda. Lebih selektif dalam memilih hal-hal yang berkaitan dengan diri Anda untuk dimasukkan ke dalam CV tersebut. Apa yang Anda tulis di CV atau resume kerja harus relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Tak Perlu Khawatir Saat Belum Memiliki Pengalaman Kerja

Namanya saja masih fresh graduate, di mana benar-benar masih hangat layaknya roti yang baru keluar dari oven. Fresh graduate tentunya tidak memiliki pengalaman kerja secara profesional dan ini yang sering membuat Anda merasa minder saat menulis CV. Jangan khawatir, sebab seorang fresh graduate bukan menonjolkan pengalaman bekerja tapi cenderung pada keahlian, sikap, juga pola pikir. Hapus kekhawatiran Anda dengan menonjolkan tiga bagian tersebut dalam CV Anda.

Menuliskan Skill yang Relevan

Ketika Anda mencoba melamar kerja, misalnya untuk posisi editor majalah, Anda tidak perlu menunjukkan kemampuan Anda yang berkaitan dengan angka seperti akuntansi atau ekonomi. Poinnya adalah tuliskan keahlian yang memang harus dikuasai untuk posisi yang Anda lamar.

Pengalaman Berorganisasi

Karena Anda baru saja lulus dan belum memiliki pengalaman kerja, maka pengalaman berorganisasi menjadi salah satu aspek penting. Anda harus bisa menonjolkan bagian ini untuk menunjukkan seberapa aktif dan berpotensinya Anda selama mengikuti berbagai organisasi.

One for All, It’s Wrong!

Kesalahan ini sering kali diabaikan entah oleh para fresh graduate ataupun yang sudah berpengalaman. Yaitu menggunakan CV yang sama untuk melamar kerja ke perusahaan yang berbeda. Perusahaan memiliki standar dan spesifikasi berbeda, apalagi jika Anda melamar untuk posisi yang bervariasi. Anda tidak bisa menggunakan satu CV yang sama untuk melamar posisi dan perusahaan yang berbeda.