5 Kebiasaan Buruk Freelancer yang Harus Segera Diubah

Semua orang pasti memiliki kebiasaan buruk yang sulit diatasi, termasuk kebiasaan yang berhubungan dengan pekerjaan. Kendati demikian, kamu tetap harus berusaha menghentikan kebiasaan tersebut. Terutama jika kamu berprofesi sebagai seorang freelancer. Kebiasaan buruk freelancer akan berdampak pada gangguan produktivitas, kesehatan, dan profesionalitas.

Kamu yang berkecimpung di dunia freelance pasti tak asing dengan beberapa kebiasaan buruk freelancer berikut ini:

Sering Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan adalah hal yang diharamkan bagi freelancer. Kebiasaan buruk freelancer yang satu ini dapat menyebabkan penurunan produktivitas. Justru kamu harus menyelesaikan pekerjaan secara cepat. Supaya kamu punya banyak waktu untuk melakukan pekerjaan lainnya.

Dengan demikian, pekerjaan yang menumpuk bisa diselesaikan secara cepat. Kamu pun bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam kurun waktu tertentu.

Mengambil Pekerjaan Terlalu Banyak

Pendapatan yang diperoleh freelancer memang bergantung dari kuantitas pekerjaan yang diselesaikan. Namun, bukan berarti kamu harus memaksakan diri untuk mengambil pekerjaan terlalu banyak.

Kebiasaan buruk freelancer yang satu ini akan membuat kamu terlalu sibuk hingga rentan sakit. Kamu pun akan lebih mudah mengalami stres karena tidak memiliki waktu untuk diri sendiri dan orang-orang terdekat.

Malas Bersosialisasi

Pekerjaan yang menumpuk memang sering membuat freelancer malas bersosialisasi. Karena sebagian besar waktu dihabiskan untuk bekerja. Jika dibiarkan terus-menerus, kebiasaan buruk freelancer ini jelas akan merugikan diri sendiri.

Baca Juga: Jasa Freelance Ini Paling Sering Dicari Perusahaan, Kenapa Ya?

Karena seorang freelancer tetap harus bersosialisasi untuk memperbesar jalinan relasi dengan banyak orang. Semakin besar jalinan relasi, maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan peluang kerja yang potensial.

Terlalu Lama Duduk di Depan Laptop

Mayoritas pekerjaan modern memang harus diselesaikan dengan menggunakan laptop. Jika kamu sedang banyak pekerjaan, kemungkinan besar kamu akan duduk di depan laptop dalam waktu lama. Bisa berjam-jam hingga mengabaikan aktivitas lainnya.

Faktanya, duduk di depan laptop rentan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti rabun, cedera otot, dan gangguan metabolisme. Kamu pun lebih rentan mengalami stres bila terlalu lama beraktivitas di depan laptop.

Enggan Menyapa Klien

Menyapa klien adalah hal penting yang kerap diabaikan para freelancer. Padahal, kamu harus menjaga hubungan baik dengan klien-klien yang pernah bekerja sama denganmu. Sesekali, luangkanlah waktu untuk menyapa klien atau mengirim ucapan selama hari raya. Hubungan baik dengan klien akan memperbesar kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan baru di lain hari.

Kamu memang tak bisa menjadi sosok freelancer yang selalu sempurna. Namun setidaknya memperbaiki diri sendiri demi kualitas pekerjaan yang lebih baik bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here