Suka Makan Daging Mentah, Amankah untuk Kesehatan?

Banyak penggemar burger yang kini kurang menyukai daging dengan tingkat kematangan well-done. Selain itu, di restoran Jepang, banyak juga orang yang tidak ragu untuk memesan sushi yang terbuat dari daging ikan mentah atau bahkan sashimi.

Meskipun kebanyakan restoran telah menjamin kualitas daging yang mereka sajikan, namun apakah benar-benar aman makan daging mentah untuk kesehatan kita?

Pakar keamanan makanan, Jeff Nelken, menjelaskan santapan daging sapi mentah atau sashimi cukup berisiko. Pasalnya, semua jenis daging mentah mengandung semua jenis bakteri yang berbahaya.

Ya, ada kemungkinan bakteri, seperti salmonella atau E. coli mengintai sirloin atau dada ayam yang siap kamu santap. Meskipun perusahaan produksi makanan memiliki proses untuk menjaga kebersihan fasilitasnya, bakteri dapat ditransfer ke dalam sajian makanan dan akan menyebabkan masalah di kemudian hari.

Menurut Nelken, kebanyakan orang hanya berpikir bahwa daging ayam mentah satu-satunya yang tidak aman. Faktanya, daging babi dan sapi memiliki risiko lebih besar untuk ditularkan bakteri E. coli.

Penderita keracunan makanan dari bakteri dapat mengalami diare berdarah, kram perut, dan muntah selama seminggu.

Baca Juga: Unik, Ternyata Jari Bisa Digunakan untuk Mengukur Kematangan Steak!

Proses Pengolahan Daging yang Benar

Memasak daging hingga suhu optimal untuk membunuh bakteri adalah cara paling aman untuk mengonsumsi daging. Daging babi dan sapi harus dimasak hingga 145 derajat Fahrenheit, dan unggas perlu dipanaskan hingga 165 derajat Fahrenheit.

Jika daging terkontaminasi bakteri dan menyebabkan gangguan pencernaan, kamu membutuhkan waktu tujuh hari untuk proses pemulihan.

Pada kasus yang parah, E. coli bahkan merusak fungsi ginjal. Meski hal ini jarang terjadi pada orang dewasa.

Baca Juga: Duh, Perawatan Wajah dengan Telur Mentah Ternyata Bahaya!

Apa Cara Paling Aman untuk Makan Daging Mentah?

Melansir Men’s Health Magazine, Nelken menyarankan agar kamu tidak mencoba mengolah sendiri daging mentah. Sebaliknya, makanlah di restoran dengan reputasi baik dan terjamin kualitasnya sehingga risiko berbahaya makan daging mentah bisa berkurang.

Selain itu, ketika memilih daging sapi, sebaiknya kamu memilih steak rare daripada burger yang kurang matang. Namun, penting diketahui bahwa proses penggilingan dapat menyebarkan bakteri pada permukaan daging ke seluruh produk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here