Dalgona Coffee: Nikmatnya Kopi Susu Viral Kekinian ala Korea

Beberapa tahun belakangan ini, kopi susu telah menjadi minuman populer di tanah air. Variasi kopi susu yang segar sangat disukai semua kalangan usia sehingga bisnis kuliner yang berkaitan dengan minuman tersebut jadi berkembang pesat. Salah satu varian kopi susu yang kini sedang hits adalah dalgona coffee.

Tak hanya memiliki tampilan menarik, dalgona coffee juga disukai karena rasanya sangat nikmat. Yuk, cari tahu tentang kopi kekinian yang satu ini sebelum mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Asal-Usul Dalgona Coffee

Awalnya, dalgona merupakan camilan kembang gula yang populer di Korea Selatan sejak tahun 1970-an. Adonan camilan tersebut sangat sederhana, hanya terdiri dari campuran gula, minyak, dan baking soda. Gula yang sudah dilelehkan hingga menjadi sirup harus dicampur dengan sedikit minyak sebelum dituang ke cetakan.

Gula yang telah dituang ke cetakan akan diberi sedikit baking soda sambil terus diaduk hingga mengembang dan berubah warna menjadi cokelat keemasan. Dalgona yang sudah matang akan dituang ke tempat yang permukaannya datar lalu dicetak dengan aneka bentuk menarik.

Proses pembuatan dalgona menginspirasi kemunculan dalgona coffee yang unik dan kini semakin populer. Kopi dalgona memiliki tekstur yang kaku menyerupai whipped cream dengan rasa manis dan aroma kopi yang sangat harum.

Baca Juga: Kopi Cold Brew: Solusi Minum Kopi Tanpa Kafein dan Asam Berlebihan

Yuk, Mencoba Membuatnya Sendiri di Rumah!

Bahan-bahan dan cara membuat dalgona coffee ternyata sederhana dan bisa kamu coba sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

  • Masing-masing 2 sendok makan: kopi instan (tanpa tambahan gula atau krimer), gula apsir, dan air mendidih;
  • Susu cair secukupnya;
  • Es batu secukupnya.

Cara membuat:

  • Campurkan kopi instan, gula pasir, dan air mendidih dalam wadah kemudian aduk menggunakan mixer berkecepatan sedang. Proses ini harus dilakukan sampai tekstur adonan jadi kaku, berwarna cokelat, dan tidak tumpah saat di balik.
  • Jika adonan kopi sudah siap, masukkan es batu dan susu cair ke dalam gelas. Kemudian gunakan sendok untuk menambahkan adonan kopi ke permukaan susu cair yang sudah diberi es.
  • Kalau kamu menginginkan cita rasa kopi yang kuat, kamu bisa menambahkan adonan kopi dalam jumlah banyak.

Membuat dalgona coffee yang segar dan menarik ternyata sangat mudah, ya. Jangan lupa mengabadikan foto kopi kreasi kamu sebelum menikmatinya. Work from home (WFH) jadi tak membosankan lagi jika diselingi dengan aktivitas seru, misalnya membuat dalgona coffee sendiri di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here