Hati-Hati! Makan Banyak di Kantor Bisa Berdampak Buruk Bagimu

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk urusan makan. Karena makan terlalu banyak bisa menyebabkan berbagai dampak buruk. Terutama bila kamu makan banyak di kantor setiap hari.

Mulai sekarang, sebaiknya kamu mulai membatasi porsi makan agar lebih seimbang. Jangan sampai kebiasaan makan banyak di kantor membuat kamu mengalami berbagai dampak buruk berikut ini:

Mengalami Masalah Pencernaan

Jangan lupa kalau makan banyak di kantor rentan membuat kamu mengalami masalah pencernaan. Sistem pencernaan jadi sangat sibuk mengolah asupan makanan yang masuk sehingga membuat tubuh jadi overdrive.

Akibatnya, kamu akan lebih sering buang air besar yang membuat konsentrasi kerja berkurang drastis. Di samping itu, gangguan pencernaan lainnya berupa sakit perut, kembung, atau begah juga tak dapat dihindari.

Tubuh Mengalami Dehidrasi

Tubuh kamu butuh asupan air yang memadai untuk membantu proses pembakaran kalori. Kalau kamu makan banyak di kantor tetapi kekurangan asupan air, kemungkinan besar kamu akan mengalami dehidrasi. Itulah sebabnya, kamu tak boleh lupa mengonsumsi air dalam jumlah cukup meskipun sedang sibuk mengurus pekerjaan.

Baca Juga: Sering Sakit Maag di Kantor? Ini Dia Pertolongan Pertama yang Wajib Dilakukan!

Mudah Merasa Gelisah

Asupan makanan yang mengandung kadar gula tinggi ternyata dapat membuat kamu jadi gelisah (sugar rush). Risiko ini akan semakin rentan terjadi jika kamu makan banyak di kantor.

Rasa gelisah tersebut dapat berujung pada bad mood yang menghambat produktivitas kerja. Bahkan, interaksi dengan atasan, rekan kerja, dan klien juga bisa terganggu kalau kamu mudah gelisah dan bad mood di kantor.

Sering Mengantuk

Salah satu dampak buruk yang tak dapat dihindari bila makan banyak saat bekerja adalah kecenderungan mengantuk. Asupan makanan berlebihan membuat kadar gula darah meningkat drastis sehingga rasa kantuk sulit dihindari.

Rasa ngantuk tentu membuat kamu sulit berkonsentrasi selama bekerja. Tak jarang pula pekerjaan jadi terbengkalai karena rasa kantuk hebat yang bikinmu tak fokus.

Risiko Kelebihan Berat Badan dan Obesitas

Makan banyak ketika bekerja juga membuat kamu sulit terhindar dari risiko kelebihan berat badan dan obesitas. Lebih parahnya lagi, hal ini dapat terjadi karena didukung oleh gaya hidup sedentari selama bekerja.

Duduk berjam-jam di kantor akan menghambat proses pembakaran kalori dalam tubuh. Jumlah kalori yang masuk jadi lebih besar daripada kalori yang keluar sehingga tubuh akan menyimpannya dalam bentuk cadangan lemak.

Kamu tentu tak mau kan kebiasaan makan banyak di kantor bikin kamu mengalami berbagai gangguan kesehatan serta penurunan produktivitas kerja?

Yuk, ubah pola makan yang keliru. Makanlah dengan porsi seimbang supaya tubuh tetap sehat dan bersemangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here