Hati-Hati, Ini Dampak Lembur bagi Kehidupan Pribadi Anda

Dalam satu bulan, seberapa sering Anda harus lembur? Tanpa Anda sadari, dampak lembur dapat begitu terasa hingga terbawa ke kehidupan sehari-hari. Mau tidak mau, kehidupan kerja dan kehidupan pribadi Anda pun terkadang tidak bisa seimbang.

Ketidakseimbangan tersebut dapat membuat kesehatan mental Anda sedikit terganggu. Mungkin selama ini Anda hanya merasa lelah dan kurang tidur, padahal dampak lembur bukan hanya itu saja. Berikut beberapa dampak yang dapat menghantui Anda ketika Anda terlalu sering lembur.

Dampak Lembur Paling Nyata adalah Jam Tidur Anda yang Tak Menentu

Sudah sangat wajar kalau jam tidur Anda menjadi terganggu karena lembur. Belum lagi jika harus mengalami insomnia karena terlambat tidur. Kebiasaan telat tidur pada awalnya tidak memberikan dampak begitu banyak untuk Anda, tetapi lama-kelamaan kesehatan Anda bisa terganggu.

Lembur membuat waktu tidur Anda sangat kurang. Saat tubuh seharusnya beristirahat, Anda justru memakainya untuk bekerja. Gangguan yang akan Anda alami saat kekurangan waktu tidur antara lain mudah merasa lelah, sistem pencernaan kurang baik, hingga berisiko menimbulkan stres.

Kehilangan Minat untuk Bersenang-senang di Hari Libur

Setiap hari mengalami lembur kadang membuat Anda begitu menginginkan waktu untuk beristirahat. Dampak lembur bisa terlihat dari kebiasaan Anda ketika akhir pekan tiba. Daripada menghabiskan waktu untuk bersenang-senang di luar, Anda lebih memilih bermalasan di rumah tanpa melakukan apa pun.

Kalau hal ini Anda lakukan sesekali saja, tentu tidak menjadi masalah. Namun, hal ini menjadi cukup berbahaya ketika Anda menjadikan bermalasan sebagai rutinitas akhir pekan. Tanpa sadar, Anda kehilangan gairah untuk melakukan hal menyenangkan karena energi sudah terkuras untuk bekerja. Yakin mau hidup seperti ini?

Baca Juga: 5 Tanda Ini Menunjukkan Anda Harus Berhenti Kerja Lembur

Kurangnya Waktu untuk Keluarga Juga Merupakan Dampak Lembur

Berangkat kerja di pagi hari dan pulang kerja saat sudah terlalu larut malam juga tidak baik untuk kehidupan pribadi Anda. Hubungan Anda dan keluarga pun menjadi agak kurang harmonis karena tidak memiliki waktu berkualitas untuk bersama. Apakah ini juga terjadi pada kehidupan Anda?

Kalau hal ini tidak ingin Anda alami, ada baiknya Anda menggunakan akhir pekan sebagai waktu spesial untuk keluarga. Bagaimana pun juga hubungan dengan keluarga harus dibangun dengan baik. Jangan sampai pekerjaan mengganggu kehidupan pribadi Anda.

Teman-Teman Anda Bisa Melihat Emosi Anda yang Kurang Stabil

Pernahkah Anda merasa emosi Anda mudah meluap meski hanya disebabkan oleh masalah kecil? Ya, dampak lembur berikutnya adalah munculnya ketidakstabilan emosi pada diri Anda. Tanpa Anda sadari, Anda menjadi pribadi yang lebih mudah marah, kecewa, hingga sedih.

Anda perlu mengurangi aktivitas di kantor ketika tanda-tanda ini mulai muncul. Jangan pernah sepelekan emosi yang mudah meluap ya. Cobalah untuk mencari tahu akar masalahnya dan berusahalah untuk menyelesaikannya. Siapa tahu kecapekan lembur dapat membuat emosi Anda tidak stabil.

Melihat dampak lembur tadi, mungkin ada baiknya Anda lebih bijak dalam mengatur waktu bekerja. Kalau pun banyak pekerjaan yang menuntut Anda harus lembur, cobalah bicarakan kondisi Anda pada atasan Anda. Ingat, kesehatan fisik dan mental tetap harus terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here