Ingin Membuat Suasana Rumah Terlihat Sejuk? Intip Desain Interior Berikut!

desain interior

Rumah merupakan tempat perlindungan, peristirahatan, dan kenyamanan. Untuk Anda yang tinggal di daerah tropis seperti Jakarta, tentu akan sangat menyenangkan rasanya jika memiliki suasana rumah yang sejuk. Lingkungan rumah yang sejuk juga dipercaya akan membuat Anda dan sekeluarga semakin betah di rumah. Umumnya, cara menciptakan suasana asri dan sejuk tak hanya dengan menambah penghijauan di setiap rumah. Anda pun harus bisa mendesain rumah sedemikian rupa agar tercipta kesan yang sejuk. Lantas, apa saja desain interior yang bagus untuk suasana yang lebih asri?

3 Desain Interior yang Dapat Membuat Suasana Rumah Jadi Lebih Sejuk

Pasang Lantai Kayu

Untuk membuat suasana rumah lebih sejuk dan nyaman, Anda dapat mengganti lantai keramik dengan lantai kayu. Hal ini bisa dilakukan untuk menunjukkan kesan elegan sekaligus sejuk. Anda bisa menempatkan lantai kayu ini mulai dari teras, ruang keluarga dan kamar tidur. Selain itu, Anda dapat memasang dengan warna-warna yang berbeda di setiap ruangan. Misalnya ruang tamu atau keluarga, Anda dapat menggunakan kayu berwarna gelap untuk memberi kesan mewah. Sementara itu untuk kamar tidur, Anda bisa menggunakan lantai kayu dengan warna yang lebih muda untuk menimbulkan kesan nyaman.

Baca Juga: Selain Simpel, Ini 4 Alasan Mengapa Rumah Minimalis Dapat Membuat Hidup Hemat

Pilih Warna Cat yang Tepat

Warna cat dinding sangat berpengaruh juga untuk menyejukkan suasana rumah. Misalnya, warna biru laut dan hijau daun merupakan pilihan yang tepat. Kedua warna ini memancarkan kesan yang begitu cerah, tetapi tidak mengeluarkan hawa panas. Pilihan warna lainnya yang dapat Anda gunakan adalah kuning lemon atau merah muda. Sementara itu, bagian dinding yang menghadap ke jendela dan sering terkena pancaran sinar matahari secara langsung dapat dicat dengan menggunakan warna yang lembut seperti putih gading, atau biru langit.

Sesuaikan Perabotan dengan Tema Rumah

Tak hanya lantai dan tembok saja yang dapat menyejukkan suasana rumah, Anda juga bisa sesuaikan perabotan rumah dengan tema rumah Anda. Misalnya, tema rumah Anda adalah nuansa etnik, maka usahakan kursi, tempat tidur, hingga dapur semuanya bernuansa etnik. Atau, jika Anda menyukai desain rumah dengan tempo dulu, wajar-wajar saja untuk mendesain dengan gaya jadul. Yang terpenting adalah suasana rumah Anda menjadi sejuk sesuai kehendak Anda.