Tak Hanya Pantai, Deretan Gua di Tuban Ini Bisa Kamu Kunjungi

gua di tuban
Sumber : Instagram/masedy80

Tuban merupakan sebuah Kabupaten yang terletak di Jawa Timur. Kabupaten ini memiliki lokasi yang cukup strategis yaitu di daerah Pantai Utara Jawa dan berbatasan dengan wilayah Jawa Tengah. Karena letaknya yang berada di tepi pantai, Tuban punya beberapa wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi. Namun, Kabupaten ini tidak hanya menyuguhkan pantai untuk para pengunjung. Ada juga gua cantik dan menawan karena wilayahnya yang didominasi oleh perbukitan kapur. Nah, penasaran dengan gua di Tuban ini, kan? Berikut beberapa di antaranya.

Deretan Gua di Tuban yang Menawan untuk Dijelajahi, Penasaran, kan?

1. Gua Ngerong

Gua pertama ini berada di Kecamatan Rengel. Destinasi ini memiliki panjang 1,8 km dengan potensi mencapai 30 km. Untuk menjelajahinya, kamu perlu naik perahu karet. Setelah kedalaman 1000 meter, terdapat air terjun dengan kolam kecil yang berisi ikan Tawes, Bader, Nila, bahkan kura-kura raksasa.

Gua Ngerong
Sumber: instagram/akafaridi

Negrong memiliki air yang sangat bersih dan jernih. Saking jernihnya, air ini bisa digunakan untuk mandi, mencuci dan mengairi sawah di sekitar gua. Meski demikian, jangan coba-coba mengambil ikan atau penyu di dalamnya. Konon kabarnya, jika mengambil ikan tersebut dan memakannya, kamu akan mendapat celaka sepulangnya dari Gua ini.

Baca Juga: Jelajah Pulau Yeben di Raja Ampat, Tempat Istimewa dengan Laut Sebening Kaca

2. Gua Suci

Berikutnya adalah Gua Suci. Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Palang. Menariknya, gua tersebut terbentuk karena kegiatan pertambangan batu kapur pada zaman Majapahit. Karena aktivitas pertambangan tersebut, terdapat ruangan luas di tengah gua dengan dinding mirip punden berundak. Lorong-lorong di sepanjang gua menghubungkan satu ruang dengan tempat lainnya yang bisa dijelajahi oleh pengunjung.

Gua Suci
Sumber : Instagram/masedy80

Menariknya lagi, cahaya matahari tampak menembus celah-celah gua sehingga ruangan di dalamnya nampak bercahaya. Semburat cahaya yang memasuki gua ini memberikan kesan eksotis. Tidak heran banyak pengunjung berfoto dengan memanfaatkan pemandangan yang menarik ini.

3. Gua Putri Asih

Nah, selanjutnya adalah Gua Putri Asih yang merupakan salah satu tempat wisata populer di Tuban. Letaknya berada di Desa Nguluhan, Kecamatan Montong. Destinasi ini dihiasi dengan stalagtit dan stalakmit yang khas seperti yang ada pada gua pada umumnya. Menariknya, di dalamnya juga dihiasi dengan cave pearl atau mutiara gua.

Gua Putri Asih
Sumber : instagram/rindra170

Untuk terbentuknya mutiara gua ini diakibatkan oleh kerikil yang diselimuti oleh mineral kalsit pada lantai gua. Ketika disinari cahaya, mutiara tersebut akan bersinar cantik. Akses menuju tempat wisata ini sudah sangat memadai karena telah diaspal dengan halus. Lokasinya juga strategis sehingga tidak sulit bagi pengunjung yang ingin mampir ke sini.

Nah, itu tadi beberapa gua yang bisa kamu kunjungi saat berlibur di Tuban. Terlepas dari tiga gua di Tuban tersebut, masih ada banyak lagi tempat wisata yang bisa dikunjungi di sini. Terutama pantai eksotis dengan pemandangan khasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here