4 Pilihan Destinasi Wisata Murah saat Libur Lebaran

Destinasi Wisata Murah
Sumber tempatwisataid

Untuk sebagian orang, memperingati hari raya Idul Fitri akan afdol jika dilakukan di kampung halaman bersama sanak keluarga. Hal inilah yang menyebabkan peraturan pemerintah soal libur menjelang hari raya ditambah. Nah, bagaimana jika kamu merupakan salah satu orang yang merayakan Lebaran tidak di kampung halaman? Pastinya libur panjang akan terasa membosankan.

Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa merayakan liburan kamu ke beberapa tempat atau destinasi wisata murah berikut. Untuk lebih jelasnya, yuk simak rekomendasi destinasi wisata murah di Jakarta dan sekitarnya ini.

Rekomendasi Destinasi Wisata Murah di Jakarta dan Sekitarnya saat Lebaran

Monas atau Monumen Nasional

Sumber: Youtube

Bangunan kebanggaan masyarakat Jakarta ini merupakan ikon ibu kota dengan tinggi sekitar 32 meter. Uniknya, kamu bisa melihat puncak bangunan monas berbentuk lidah yang dilipasi emas. Ide bangunan megah ini diprakarsai oleh presiden pertama Indonesia Ir.Soekarno yang dengan tujuan sebagai bentuk mengenang jasa para pahlawan atas kemerdekaan Indonesia. Monas juga dilengkapi museum yang berisi barang-barang bersejarah berupa naskah proklamasi, rekaman-rekaman kemerdekaan, dan masih banyak lainnya. Biaya masuk ke dalam monas relatif murah sebesar Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk mahasiswa serta anak-anak. nah, kamu juga bisa naik ke puncak monas sambil melihat keindahan kota Jakarta menggunakan teropong. Untuk naik ke puncak, kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5.000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk dewasa. Menarik, bukan? Selain mengusir kebosanan saat liburan, pengetahuan kamu tentang sejarah Kemedekaan Indonesia juga akan bertambah.

Baca Juga : Jalan-Jalan ke Semarang Semakin Seru Berkat 5 Destinasi Wisata Ini!

Kebun Binatang Ragunan

Sumber: Wikipedia

Tempat wisata yang tidak kalah mengasyikkan selanjutnya adalah Kebun Binatang Ragunan. Kebun Binatang yang terletak di Jalan Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan ini menawarkan keindahan wisata alam yang dilengkapi berbagai macam flora dan fauna. Wilayah seluas 140 hektar ini memiliki 50.000 pohon, 171 jenis tanaman, dan 270 jenis binatang. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang membawa anak-anak untuk berekreasi. Selain tempatnya yang nyaman dan sejuk, biaya masuk ke kebun binatang Ragunan hanya Rp 4.000. Hal inilah yang membuat Kebun Binatang Ragunan sangat ramai dikunjungi saat libur panjang.

Kebun Raya Bogor

Sumber: Jabarnews

Destinasi wisata yang terkenal karena tanaman legendarisnya, bunga Bangkai atau Rafflesia Arnoldy ini sudah berdiri sejak jaman penjajahan Belanda. Ikon wisata kota Bogor ini merupakan tempat wisata yang tidak kalah ramainya saat libur lebaran. Kebun Raya Bogor menawarkan keindahan flora berupa aneka macam pohon sebanyak 15.000 jenis. Tiket masuk sebesar Rp 14.000 ini akan membawa kamu menyusuri pepohonan dan aneka macam tanaman dari berbagai belahan dunia. Berwisata sambil belajar merupakan hal yang bisa kamu lakukan di Kebun Raya Bogor.

Kota Tua

Sumber: Pikniek

Wisata murah selanjutnya adalah kota tua yang terletak di bagian barat Jakarta ini menyimpan berbagai macam sejarah Batavia sebelum menjadi Jakarta. Bangunan-bangunan peninggalan Belanda ini tetap kokoh berdiri dan menjadi tempat wisata andalan di Jakarta. Kamu bisa menyewa sepeda ontel yang berjejer di sekitaran kota tua dan menaiki sepeda layaknya orang-orang di masa kedudukan Belanda. Kota tua dikelilingi oleh beberapa museum. Namun yang paling sering dikunjungi adalah Museum Fatahillah. Museum yang berisi barang-barang bersejarah pada masa kedudukan Belanda ini dulunya memang pusat pemerintahan Hindia Belanda. Tiket masuk museum Fatahillah cukup murah. Hanya Rp 5.000 kamu sudah dapat mengunjungi museum dan mengetahui perkembangan Batavia sebelum menjadi Jakarta.

Nah, menarik sekaligus murah, bukan? Kamu bisa menjadikan 4 destinasi wisata murah di atas sebagai tujuan untuk menghabiskan sisa libur lebaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here