Apa Sih Arti Pernyataan HRD Saat Interview Berikut Ini?

Saat melamar pekerjaan, pernyataan yang diucapkan HRD tidak ubahnya kata-kata magis yang bisa membuat kandidat karyawan bahagia ataupun kecewa. Bahagia jika diterima bekerja. Kecewa jika HRD menyatakan kandidat gagal diterima.

Terkadang, HRD memberikan pernyataannya secara halus atau tersirat. Tujuannya, agar kandidat karyawan tidak terlalu kecewa jika gagal diterima bekerja. Namun, seringkali pernyataan yang diucapkan HRD justru membuat kandidat karyawan jadi bingung atau serba salah.

Nah, agar kamu tidak bingung, berikut ini maksud dari beberapa pernyataan yang sering diucapkan oleh HRD.

“Kami akan menghubungi Anda dalam dua minggu kedepan”

Setelah menyelesaikan wawancara kerja, satu hal yang kamu tunggu selanjutnya adalah dihubungi kembali oleh HRD untuk mengetahui hasil dari wawancara kerja tersebut. Dengan berkata, “Kami akan menghubungi Anda dalam dua minggu kedepan”, sebenarnya HRD sedang memberikan pernyataan yang ingin kamu dengar.

Kalau kamu tertarik untuk melamar kerja di perusahaan lain, cobalah untuk menunggu selama seminggu. Jika HRD tidak memberikan kabar dalam waktu seminggu, maka kemungkinan besar kamu gagal dalam tahapan wawancara kerja.

Tapi, pada saat ini kamu juga bisa melakukan follow-up lho. Kalau memang benar gagal, maka kamu bisa mulai memusatkan perhatian untuk melamar kerja di perusahaan lain.

Baca Juga: Dihubungi HRD Tapi Tidak Bisa Mengangkat HP? Bisa Jadwal Ulang Kok

“Kami masih butuh waktu untuk menyelesaikan proses interview

Kamu mungkin pernah mendengar HRD berkata, “Anda layak mengisi posisi ini, tapi kami masih butuh waktu untuk menyelesaikan proses interview”. Pernyataan ini bisa berarti HRD menganggap kamu layak mengisi posisi yang dilamar, tapi kamu bukanlah pilihan utamanya. Di sisi lain, HRD tidak ingin kamu melamar kerja di perusahaan lain. Agar, jika pilihan utama HRD gagal maka kamu bisa menggantikan tempatnya.

Dalam hal ini, cobalah untuk menunggu kabar dari HRD. Sekiranya dalam beberapa minggu belum ada kabar, kamu bisa melakukan follow-up.

“Anda overqualified

Setelah wawancara kerja, HRD juga bisa memberikan pernyataan, “Kami menganggap Anda overqualified untuk posisi ini”. Pernyataan tersebut bisa berarti HRD menganggap CV atau resume kamu tidak menunjukkan kamu fokus untuk mengisi posisi yang dilamar.

Agar bisa fokus, cobalah untuk tidak terlalu berlebihan dalam menuliskan skill atau kemampuan yang dimiliki. Tapi, tetap usahakan kemampuan yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, pastikan HRD mengetahui kamu memiliki minat dan motivasi yang besar untuk mengisi posisi yang dilamar.

“Kami sedang menyempurnakan detail posisi yang kami tawarkan”

HRD juga bisa memberikan pernyataan, ”Kami sedang menyempurnakan detail posisi yang kami tawarkan”. Pernyataan HRD ini bisa berarti beberapa hal. Salah satunya, HRD sedang menyempurnakan job-description dari posisi yang ditawarkan. Bisa juga berarti ada perubahan struktural terkait posisi tersebut. Selain itu, bisa berarti ada perubahan terkait bujet. Baik bujet untuk gaji, maupun bujet untuk proses seleksi karyawan.

Pada intinya, pernyataan HRD bukanlah jaminan untuk memastikan apakah kamu diterima bekerja atau tidak. Sebelum kamu mendengar pernyataan resmi atau menandatangani kontrak kerja, apapun bisa saja terjadi. Karenanya, persiapkan diri agar kamu tidak terlalu kecewa jika perusahaan gagal meloloskanmu ke tahapan selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here