Apa yang Sebenarnya Dicari HRD di Media Sosial Anda?

dicari HRD di media sosial
sumber: fashion

Anda mungkin sudah tahu bahwa para perekrut dan manajer HRD seringkali membuka-buka media sosial para pelamar kerja sebelum memutuskan untuk memberikan mereka panggilan undangan wawancara. Anda pasti juga sudah tahu bahwa unggahan-unggahan negatif di media sosial kandidat, baik berupa foto maupun teks, bisa memengaruhi penilaian HRD dan bahkan membuat HRD membatalkan seorang pelamar kerja dari status kandidat potensial. Tetapi, apa yang sebenarnya dicari oleh HRD di media sosial? Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan karena ini merupakan apa yang dicari HRD di media sosial.

Inilah Hal-Hal yang Dicari HRD di Media Sosial Kandidat

Kombinasi Seimbang Antara Keahlian dan Tingkah Laku

Sumber : visa

Biasanya, yang dicari HRD di media sosial adalah bukti bahwa seorang pelamar kerja memiliki kombinasi 50 banding 50 antara keahlian yang cocok dengan tingkah laku yang sesuai dengan budaya perusahaan. Seseorang yang memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sukses, tetapi juga membuat anggota tim bisa bergaul selama setidaknya 40 jam seminggu adalah kandidat yang sempurna.

Menyeimbangkan antara profesionalisme dengan kepribadian bukan sebuah hal yang mudah. Terutama jika Anda menggunakan media sosial untuk membagikan meme-meme lucu dan mengobrol dengan teman Anda bukannya menunjukkan keahlian Anda. Namun jika Anda justru menyembunyikan keprbadian Anda di media sosial, maka ini juga berisiko. HRD menganggap mengetahui kepribadian kandidat sangatlah penting, karena ketika Anda bekerja, Anda tidak akan bekerja sendirian, Anda akan jadi bagian dari tim. Bukan hal yang mustahil jika media sosial Anda ditunjukkan ke tim yang akan bekerja bersama Anda untuk mengetahui pendapat mereka tentang Anda.

Jadi, mainkanlah kekuatan masing-masing platform untuk memberikan semua yang dicari HRD di media sosial kandidat. Jangan memperlakukan LinkedIn seperti Twitter dan curhat setiap buah pikiran Anda. Begitu pula sebaliknya. Jika Instagram Anda hanya berisi foto Anda sewaktu rapat, naik jabatan, dan menghadiri acara perusahaan, maka Anda juga tidak terlihat seperti seseorang berkepribadian. Jangan mengunggah sesuatu yang tidak pantas, tetapi jadilah manusiawi.

Baca Juga: 4 Kesalahan Privasi Internet dan Media Sosial yang Bisa Menghancurkan Karir Anda

Brand Visual yang Konsisten dan Tajam

Foto profil yang tidak profesional: tidak jelas, di-crop dengan buruk, atau menunjukkan bahwa Anda berada pada sebuah situasi yang tidak tepat bisa membuat HRD kabur dari media sosial Anda. Jadi sebagai awalan, minta teman Anda untuk mengambil foto Anda dan bukannya menggunakan selfie di kamar Anda.

Namun, mungkin itu saja tidak cukup. Sebuah brand pribadi yang kuat adalah apa yang dicari HRD di media sosial Anda. Karena itu, coba tampilkan gaya khas Anda. Apa warna ciri khas Anda? Apa font favorit Anda? Visualisasikan diri Anda sebagai brand. Tetapi, jauhilah gelar-gelar atau panggilan yang Anda buat sendiri yang membesar-besarkan diri Anda. Sebut saja posisi-posisi Anda dengan nama pekerjaan aslinya, baik pekerjaan utama maupun sampingan Anda. Jadi, jika misalnya Anda juga seorang blogger kuliner, jangan menyebut diri Anda “gastro ninja” atau nama-nama unik lainnya. Biarkan saja konten Anda yang berbicara, ini yang justru dicari HRD di media sosial.

LinkedIn yang Bersih dan Situs Pribadi yang Kreatif

membuat linkedin untuk kerja

Jangan terlalu mengutak-atik LinkedIn Anda sampai keterlaluan. Tak seperti Twitter atau Instagram, jejaring profesional ini bukanlah tempat untuk mengunggah kutipan-kutipan penuh inspirasi atau menggunakan foto-foto liburan di pantai sebagai cover photo Anda. HRD peduli terhadap ekspresi kreatif Anda, hanya saja tempatnya harus tepat.

Jadi, lebih baik Anda menciptakan dan memberi tautan ke situs profesional Anda, di mana Anda bisa menunjukkan lebih banyak kreativitas. Jadi jika Anda tak yakin bahwa media sosial Anda menunjukkan keahlian Anda, maka curahkanlah segalanya di situs Anda. Jadikan situs ini sebuah portofolio online yang maksimal dalam menunjukkan bakat dan keterampilan Anda.