Digital Distraction: Hati-Hati, Social Media Bisa Menganggu Kinerja

Di era digital ini, email dan media sosial tidak bisa dipisahkan dari kehidupan dan pekerjaan sehari-hari. Namun, kedua hal tersebut bisa menjadi digital distraction alias gangguan digital yang menganggu performa dan produktifitas di tempat kerja.

Digital distraction bisa menganggu karena bisa menurunkan konsentrasi dan menyita waktu kerja.

Kalau kamu tidak ingin terganggu oleh digital distraction, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Membuat To Do List dan Penjadwalan Kerja

Kamu bisa membuat to do list berisikan daftar tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan. Selain itu persiapkan pula hal-hal yang yang diperlukan agar setiap tugas dan pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

Namun, to do list saja tidak cukup. Kamu juga harus melakukan penjadwalan kerja. Tentukan sebelumnya durasi waktu pengerjaan dari setiap tugas dan pekerjaan. Baik untuk pekerjaan-pekerjaan kecil maupun pekerjaan besar.

Dengan begini, kamu akan merasa bertanggung jawab untuk menyelesaikannya, dan tidak terpengaruh oleh digital distraction di tempat kerja.

Mengubah Jadwal Meeting

Di banyak perusahaan, meeting umumnya dilakukan di pagi hari. Di sisi lain, tenaga dan konsentrasi cenderung menurun di siang dan sore hari. Cobalah untuk mengubah jadwal meeting menjadi siang hari (sesudah makan siang) atau sore hari.

Sementara, di pagi hari, cobalah untuk mencurahkan seluruh konsentrasi dan tenagamu untuk menyelesaikan pekerjaan. Kalau kamu melakukan hal ini, kamu tidak akan mudah terganggu oleh digital distraction.

Baca Juga: Tips-tips yang Harus Anda Lakukan Agar Tetap Produktif Saat Meeting

Mencegah Digital Distraction dengan Meningkatkan Motivasi

Motivasi kerja yang tinggi bisa meningkatkan produktifitas. Lebih dari itu, motivasi bisa mengurangi digital distraction.

Kamu bisa meningkatkan motivasi kerjamu dengan cara: mengevaluasi tujuan, meningkatkan kemampuan, meminta feedback dari atasan atau rekan kerja, atau dengan merayakan pencapaian.

Tetapkan Durasi Waktu untuk Melihat Email dan Social Media

Kamu tetap memerlukan informasi untuk bekerja. Oleh karena itu, kamu tetap memerlukan email dan media sosial. Namun, tetapkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk melihat email. Semisal, kamu bisa menentukan waktunya 15 menit di pagi hari dan 15 menit di sore hari.

Hal yang sama juga berlaku untuk sosial media. Lebih dari itu, kamu bisa menggunakan sosial media untuk networking atau mendapatkan informasi terkait pekerjaan. Sehingga, keberadaan sosial media justru membantu meningkatkan produktivitasmu.

Selain dengan menjalankan beberapa tips di atas, kamu juga bisa mengukur tingkat produktivitas dengan menggunakan beberapa strategi pengukuran produktivitas. Kalau kamu merasa produktivitasmu terganggu, digital distraction mungkin menjadi salah satu penyebabnya. Selanjutnya, kamu bisa segera mencari solusinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here