Dilema Karyawan Baru yang Dialami Semua Orang, Mana yang Paling Berkesan?

Menjadi karyawan baru bukanlah suatu hal yang mudah, terutama jika kamu memiliki karakter introvert. Biasanya ada saja dilema karyawan baru yang dirasakan saat memulai karier di suatu perusahaan atau startup. Hal tersebut akan menjadi pengalaman istimewa ketika kamu sudah berstatus karyawan senior.

Di antara beberapa dilema karyawan baru yang lazim dialami semua orang berikut ini, mana nih yang kamu banget?

Ingin Cepat Akrab dengan Karyawan Lain

Perasaan ingin cepat akrab dengan karyawan lain memang jadi salah satu dilema karyawan baru yang kerap terjadi. Apalagi bila rekan-rekan kerjamu yang baru tidak terlalu friendly.

Walaupun ingin cepat akrab, kamu pasti enggan untuk mendekati secara berlebihan karena takut dikira sok akrab. Hal inilah yang akhirnya membuat para karyawan baru merasa canggung pada hari-hari pertamanya.

Baca Juga: 5 Kegundahan Karyawan Baru yang Paling Sering Dirasakan di Kantor

Enggan Bertanya Terlalu Banyak

Bertanya kepada karyawan senior merupakan hal wajar ketika kamu jadi karyawan baru. Namun, tak dapat dipungkiri kalau hal ini juga jadi dilema karyawan baru. Terlalu banyak bertanya bisa membuat seseorang dianggap mengganggu dan menyebalkan.

Akibatnya, kamu jadi sering menahan penasaran dan menunggu untuk diberitahu. Kecuali bila ada karyawan senior yang menunjukkan keakraban denganmu sejak hari pertama kamu bekerja.

Ragu-Ragu Pulang Tepat Waktu

Pada hari pertama kerja, biasanya karyawan baru belum mendapatkan banyak pekerjaan dan cenderung menganggur di kantor. Sayangnya, dilema karyawan baru ini juga membuatmu jadi tak enak hati bila ingin pulang tepat waktu.

Kamu akan merasa kurang nyaman pulang duluan ketika rekan-rekan kerjamu yang baru masih sibuk. Keraguanmu pasti semakin parah kalau ternyata atasanmu juga belum pulang setelah jam kerja berakhir.

Menyelesaikan Pekerjaan yang Bukan Tanggung Jawabnya

Karyawan baru biasanya juga bersedia menyelesaikan pekerjaan yang buka tanggung jawabnya agar dianggap profesional. Kecenderungan tersebut terjadi karena karyawan baru masih merasa awam dengan tugas-tugas yang mesti dijalani.

Dilema karyawan baru ini juga sering membuat seseorang enggan berkata tidak ketika diberi tugas. Sedangkan karyawan senior justru lebih berani berkata tidak untuk pekerjaan di luar tanggung jawabnya. Sebab karyawan senior punya setumpuk pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan.

Jika sekarang kamu berstatus karyawan baru, semoga dilema karyawan baru tersebut tidak terjadi berkepanjangan hingga membuatmu tak nyaman, ya. Pengalaman di tempat kerja baru harus membuatmu menjadi pribadi yang berani sekaligus profesional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here