Menjelang Usia 30-an Muncul Perasaan Ini, Kamu Mengalaminya?

Menjelang usia 30-an, biasanya begitu banyak kegalauan dirasakan orang-orang. Meninggalkan usia 20-an seharusnya dilalui dengan kondisi diri yang lebih dewasa. Andai usia 20-an identik dengan hal menyenangkan dan pencarian jati diri, maka usia 30-an adalah proses pembentukan menuju kedewasaan.

Berikut ini ada beberapa hal yang biasanya dirasakan menjelang usia 30-an. Siapa tahu kamu pun mengalami hal-hal ini. Semoga bisa menjadi refleksi yang baik untukmu ya!

Hidup Bukan Lagi Sebuah Arena Pertandingan

Saat kamu berada di usia menjelang 30-an, kamu makin bijak melihat kejadian-kejadian di masa lalu. Kamu sadar bahwa hidup bukanlah sebuah arena pertandingan. Ada teman kamu yang sudah menikah, memiliki anak, atau bahkan sangat sukses di usia muda.

Kamu tidak terpengaruh oleh pencapaian orang lain yang belum sempat kamu raih. Alih-alih iri, kamu lebih memilih fokus pada tujuan-tujuan baru. Kamu percaya bahwa setiap orang punya waktu yang berbeda-beda untuk mencapai sesuatu.

Mempersiapkan Diri untuk Hal Tak Terduga

Pandemi memberikan pelajaran berharga bagi semua orang. Kamu pun mulai belajar untuk bertahan di masa-masa sulit, apa pun caranya. Ini membuat mentalmu lebih kuat dan tahan banting.

Alhasil, kamu pun siap menyiapkan diri untuk hal tidak terduga di masa depan. Kamu menjadi lebih peduli pada kesehatan mental, keuangan, hingga karier. Kamu tak ragu untuk belajar hal-hal baru sebagai penunjang kariermu di masa depan.

Makin Fokus pada Tujuan

Kedewasaan menjelang usia 30-an membikin kamu makin fokus meraih tujuan. Kamu bisa ukur tujuanmu dan membuat rencana-rencana menuju ke sana. Bahkan, kamu mulai mahir membedakan mana yang harus kamu tunda dan mana yang harus kamu perjuangkan.

Saat sudah memiliki tujuan hidup yang jelas, kegalauan pun makin jarang muncul. Di usia ini perasaan kehilangan arah tidak akan lagi kamu miliki.

Baca Juga: 3 Hal yang Harus Direnungkan Wanita Karier Saat Hendak Menikah

Sadar untuk Lebih Fleksibel

Satu lagi hikmah besar dari pandemi adalah pentingnya punya fleksibilitas. Apalagi banyak pekerjaan kini mulai dilakukan dari rumah. Kamu sudah belajar beradaptasi menghadapi perubahan serba baru dan cepat.

Di tahun-tahun mendatang, kemampuan untuk bersikap fleksibel makin dibutuhkan. Jadi, ini sudah menjadi bekal tersendiri buatmu.

Tahu Mana yang Menjadi Prioritas

Menjelang usia 30-an, kamu makin paham mana yang menjadi prioritasmu. Misalnya, kamu lebih bijak dalam mengelola uang. Bukan hanya menabung, kamu sudah merencakan beberapa tujuan keuangan melalui investasi.

Memahami prioritas menumbuhkan kedewasaan diri secara sadar. Dengan begitu, tujuan-tujuan atau impian yang kamu miliki pun dapat lebih mudah terwujud.

Mana yang paling kamu rasakan saat menjelang usia 30-an? Semoga tidak perlu banyak kegalauan masih kamu alami di usia ini ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here