Wow, NASA Temukan Planet Mirip Bumi yang Berpotensi Dihuni

bisa dihuni
Sumber: nasa

Lembaga National Aeronautics and Space Administration (NASA) belum lama menghebohkan dunia dengan hasil temuan terbarunya. Untuk pertama kalinya di dalam sejarah, lembaga yang berfokus meneliti antariksa itu menemukan planet yang berstruktur menyerupai planet Bumi. Planet yang dinamakan Kepler-186f ini pertama kali diketahui keberadaannya oleh teleskop luar angkasa Kepler milik NASA.

Kepler-186f Berpotensi Dihuni oleh Manusia

Menurut hasil penelitian NASA, Kepler-186f berjarak 490 tahun cahaya dari orbit Bumi. Karena struktur Kepler-186f yang mirip dengan Bumi, maka ada kemungkinan bisa dihuni oleh mahluk hidup, termasuk manusia.

Dari segi ukuran, Kepler-186f agak sedikit lebih besar dari ukuran Bumi. Selain itu, NASA juga memperkirakan planet misterius tersebut memiliki air di permukaannya.

Tom Barclay, seorang ilmuwan NASA yang berfokus meneliti Kepler mengatakan bahwa Kepler-186f adalah “sepupu” Bumi. Bahkan, Barclay juga memprediksinya sebagai “saudara kembar” Bumi. Sejauh ini, Barclay masih melakukan penelitian lebih lanjut.

“Apa yang selama ini kita cari adalah kembaran Bumi, planet seukuran Bumi yang berada di zona habitasi sebuah bintang serupa Matahari. Kepler-186f adalah planet seukuran Bumi di zona habitasi sebuah bintang yang lebih dingin dari Matahari. Jadi, kalaupun ia bukan ‘kembaran Bumi’, mungkin dia adalah ‘sepupu Bumi’. Punya karakteristik serupa, hanya orangtuanya yang berbeda,” jelas Barclay.

Baca Juga: Ini Alasannya Mengapa Planet ke-9 Sulit Ditemukan

Barclay juga menjelaskan bahwa Kepler-186f adalah temuan NASA yang paling menghebohkan. Pasalnya, temuan ini memprediksi manusia bisa hidup di planet lain selain Bumi. Sejauh ini, Barclay masih meneliti apakah ada tanda-tanda kehidupan di Kepler-186f.

“Sejauh ini saya bersama tim masih meneliti tentang kehidupan di Kepler-186f. Jika planet tersebut berpenghuni, maka ini bisa menjadi sejarah baru bagi umat manusia. Bisakah Anda bayangkan, ada manusia lain yang hidup selain di Bumi?” pungkasnya.

Meski demikian, ia belum memastikan apakah Kepler-186f bisa dihuni oleh mahluk hidup atau tidak. Sebab, NASA belum memiliki alat canggih untuk meneliti planet lain dengan jarak ratusan cahaya dari orbit Bumi. Semoga saja temuan ini bisa menjadi suatu hal yang baru bagi kehidupan manusia ke depannya nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here