Duh, Ini 6 Makanan Lezat yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Diabetes telah menjadi salah satu kondisi paling umum di seluruh dunia. Diabetes ditandai dengan peningkatan kadar gula darah. Meskipun tidak mudah untuk menyembuhkannya, tapi kadar gula darah bisa dikontrol melalui makanan yang diasup penderita diabetes.

Menurut para ahli, mengonsumsi buah-buahan kaya serat, minum banyak air, dan menahan diri dari makanan manis bisa membantu untuk mengontrol kadar gula darah. Nah, apa saja makanan yang harus dihindari karena mengandung kadar gula yang tinggi, sehingga ditakutkan dapat memperburuk kondisi.

Kismis

Menurut konsultan ahli gizi, Dr. Rupali Datta, penderita diabetes harus menghindari buah-buahan kering karena ini adalah buah-buahan segar yang terkonsentrasi. Karena telah terkonsentrasi sehingga kadar gula dan indeks glikemik turut naik.

Jika satu cangkir anggur alami mengandung 27 gram karbohidrat, satu cangkir anggur yang telah dikeringkan menjadi kismis ternyata mengandung 115 gram karbohidrat. Alhasil, mengonsumsi buah anggur kering dapat menyulitkan kadar gula darah agar tetap stabil.

Melon

Ahli Gizi Makrobiotik dan Kesehatan, Shilpa Arora mengatakan bahwa mengkonsumsi melon secara berlebihan mungkin terbukti menjadi urusan yang sedikit berisiko bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Yuk, Cegah Diabetes dengan Rutin Olahraga Berikut Ini!

Pasalnya, indeks glikemik pada melon adalah 72. Jadi, meski melon adalah asupan yang segar dan enak, ada baiknya untuk mengurangi makan melon untuk menjaga kadar gula darah.

Kentang

Selain nasi, singkong dan kentang menjadi makanan pokok alternatif untuk banyak warga Indonesia. Ya, kentang memang baik untuk kulit. Kentang adalah sumber vitamin C, kalium, serat, vitamin B, tembaga, triptofan, mangan dan bahkan lutein.

Tapi, kentang bukan taruhan terbaik bagi penderita diabetes. Tingginya glikemik dan indeks glikemik sangat berisiko untuk penderita diabetes.

Mangga

Warna kuning yang menawan tentu membuat buah yang satu ini menggugah selera banyak orang. Dijadikan jus atau rujak, mangga selalu nikmat untuk disajikan dalam bentuk apapun.

Sayangnya, mangga sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes karena kandungan gulanya yang tinggi.

Susu Tinggi Lemak

Susu sering dijuluki sebagai makanan lengkap karena tingginya nutrisi yang terkandung di dalamnya. Namun, penderita diabetes perlu sedikit berhati-hati dengan asupan susu.

Mereka harus menahan diri dari susu penuh lemak karena tinggi lemak jenuh. Lemak jenuh bisa memperburuk resistensi insulin. Namun, penderita diabetes bisa memilih versi rendah lemak atau skim susu sebagai gantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here