GOAL: Mengedukasi Remaja Perempuan melalui Kegiatan Olahraga

Mengedukasi Remaja Perempuan melalui Kegiatan Olahraga

Dalam rangka memperingati Bulan Perempuan Internasional 2019 yang jatuh di bulan Maret setiap tahunnya, Standard Chartered Bank (SCB) bersama Yayasan Mitra Mandiri Indonesia (YMII), menyelenggarakan program edukasi keterampilan hidup dan pengelolaan keuangan dengan pendekatan olahraga dan permainan.

Program bernama ‘Goal’ ini, merupakan program peningkatan kapasitas bagi remaja puteri usia 12 hingga 20 tahun. Pada penyelenggaraan Goal kali ini ada dua modul yang diajarkan kepada 40 pelajar puteri dari SMK Negeri 15 Jakarta.

Tema dua modul tersebut yaitu My Rights dan Challenges to Savings. Pembahasan modul My Rights berfokus untuk menumbuhkan kesadaran bagi remaja puteri dalam mengenal hak-hak perempuan sebagai individu dan masyarakat.

Sedangkan modul Challenges to Savings ditujukan untuk menumbuhkan pemahaman tentang menabung, hambatan serta tips mengatasinya, dan wawasan financial literacy sejak dini.

Kenapa Berfokus Pada Perempuan ?

Mengedukasi Remaja Perempuan melalui Kegiatan Olahraga
Pelaksanaan program Goal dalam rangka Hari Perempuan Internasional 2019

Kesetaraan gender berkaitan erat dengan daya saing sebuah negara. Salah satu cara paling efektif untuk memberdayakan perempuan dan memfasilitasi kesetaraan dalam sektor ekonomi yaitu menyediakan akses yang setara bagi perempuan mendapatkan edukasi.

Inilah yang membuat SCB memfokuskan program Goal kepada kelompok perempuan usia dini. Menurut Country Head of Corporate Affairs SCB, Diana Mudadalam, program ini telah diimplementasikan di lebih dari 20 negara.

Program Goal pertama kali diperkenalkan pada 2006 di India dan dimulai dengan 70 remaja puteri. Saat ini, program Goal telah berkembang dan diimplementasikan di lebih dari 20 negara dan menjangkau sedikitnya 95.830 remaja puteri. Program ini beroperasi di wilayah-wilayah yang masih menghadapi tantangan kesetaraan gender. Semakin banyak perempuan yang mendapatkan akses edukasi maka mereka akan lebih mawas diri dan mampu menghasilkan generasi penerus terdidik,” tuturnya. 

Baca Juga : Mutia Sari Syamsul: Cara CEO Bantu Berdayakan Pekerja Perempuan

Sejak 2017 hingga awal 2019, program Goal di Indonesia telah merangkul lebih dari 1.000 remaja puteri. Ke depan, SCB mengupayakan program Goal bisa menjadi kurikulum bimbingan konseling di sekolah sehingga dapat melibatkan para guru dalam pelatihan Goal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here