Bekerja Saat Banjir Turunkan Performa Kerja, Begini Solusinya!

Bekerja saat banjir menjadi tantangan tersendiri bagi karyawan. Apalagi belakangan ini hujan terus-menerus menyapa ibukota sehingga beberapa daerah pun terkena dampaknya. Saat warga ibukota makin akrab dengan banjir, tuntutan untuk tetap masuk kerja pun kadang tidak bisa dihindarkan.

Padahal, memaksakan diri bekerja saat banjir dapat juga merugikan perusahaan karena sangat berpengaruh pada performa kerja. Mungkin langkah-langkah berikut bisa menjadi bahan pertimbangan.

Tidak Semua Karyawan Sanggup Bekerja Saat Banjir

Di beberapa daerah yang terkena dampak banjir cukup besar, tentu bukan hal mudah untuk menerjang derasnya air demi berangkat kerja. Belum lagi jika barang-barang di rumah pun harus diselamatkan dari air yang semakin meninggi. Pada dasarnya, tidak semua orang mampu bekerja normal saat banjir datang.

Perjalanan menuju kantor pun menjadi terhambat lantaran banyak jalan yang tergenang air. Hal ini jelas membuang waktu berharga karyawan sejak awal. Perusahaan mungkin butuh memiliki kebijakan atau kelonggaran bagi karyawan yang terkena dampak banjir paling besar.

Daripada Memaksakan Bekerja Saat Banjir, Coba Cari Jalan Tengahnya

Meski sanggup menerjang banjir dari rumah hingga ke kantor, pada akhirnya tenaga dan pikiran sudah habis di jalanan. Bekerja pun tidak bisa fokus seperti hari-hari biasa. Apalagi jika di kantor juga harus berhadapan dengan masalah banjir.

Memaksakan bekerja di tengah kondisi banjir sebenarnya dapat memperparah kondisi pekerjaan. Memberikan hari libur satu hari mungkin sudah cukup membantu meredam masalah ini. Coba saja bandingkan kerugian yang ditimbulkan antara karyawan masuk atau libur untuk mencari jalan tengahnya.

Baca Juga: Realita Kerja Kantoran Ini Nggak Sesuai dengan Ekspetasi Saat Kuliah

Remote Working Menjadi Pilihan Terbaik untuk Bekerja Saat Banjir

Bagi beberapa perusahaan rintisan, mungkin masalah banjir tidak menjadi kendala yang berarti jika sudah terbiasa menerapkan remote working. Asalkan masih ada koneksi internet yang baik, karyawan masih dapat bekerja meski dari rumah. Hanya saja kapasitas kerjanya mungkin sedikit terganggu jika rumahnya terkena banjir cukup besar.

Bekerja secara remote menjadi pilihan terbaik kala banjir melanda ibukota. Selesaikan saja rapat kecil via video call dan memastikan anggota tim melaksanakan tugas paling mendesak terlebih dahulu. Sayangnya, cara ini belum bisa dilakukan di semua jenis pekerjaan.

Pimpinan Ambil Keputusan Cepat dan Tepat untuk Beberapa Hal Penting

Andai bekerja saat banjir sulit dilakukan, maka pimpinan butuh ambil langkah paling cepat. Komando dari atasan dapat mengkoordinasi kerja para karyawan. Beberapa pekerjaan yang penting dan mendesak mungkin bisa lebih diutamakan untuk diselesaikan.

Tidak perlu memaksakan semua target harus tercapai di saat banjir. Beberapa hal kadang harus direlakan perusahaan kala bencana datang. Untuk itulah butuh kebijaksanaan paling strategis dari atasan untuk mengatasi masalah saat banjir.

Apakah kamu masih bekerja saat banjir? Jangan lupa jaga kesehatan agar tidak gampang sakit dan usahakan fokus bekerja untuk hal-hal penting dulu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here