Apa yang Terjadi Jika Bumi Kehilangan Oksigen Selama 5 Detik?

Oksigen merupakan senyawa penting yang membuat semua mahluk hidup di Bumi bisa hidup. Lantas, apa yang akan terjadi jika Bumi kehilangan oksigen selama 5 detik? Penasaran? Seperti yang dikutip dari laman Scienceabc, berikut hal menyeramkan yang akan terjadi jika planet Bumi kehilangan oksigen selama 5 detik.

Inti Bumi Hancur

Sebesar 45 persen inti Bumi merupakan senyawa oksigen. Lantas, jika oksigen hilang selama 5 detik saja, maka secara instan inti Bumi akan hancur lebur menjadi pertikel kecil. Alhasil, Bumi akan hancur berantakan.

Meski tidak akan hancur total, namun menurut beberapa peneliti, Bumi akan mengalami kerusakan sebesar 80 persen. Dengan demikian, semua peradaban manusia yang selama ini dibangun akan hancur dalam hitungan menit.

Paparan Sinar Matahari Akan Membakar Semua Mahluk Hidup

Bumi dilapisi oleh senyawa Ozon yang membuat paparan sinar UV matahari tidak menembus atmosfer. Sehingga sinar matahari tidak akan membakar Bumi.

Baca Juga: Wow, NASA Temukan Planet Mirip Bumi yang Berpotensi Dihuni

Namun, secara menyeluruh, lapisan Ozon merupakan oksigen molekuler. Sehingga jika oksigen hilang selama 5 detik saja, maka paparan sinar matahari akan menjadi mematikan dan akan membakar semua mahluk hidup yang terpapar cahaya secara instan.

Bangunan yang Terbuat dari Beton Akan Hancur

Oksigen merupakan senyawa yang menjadi pengikat pada struktur beton. Sehingga bangunan yang terbuat dari beton bisa berdiri kokoh. Namun, jika oksigen di Bumi hilang selama 5 detik, maka semua bangunan yang terbuat dari beton akan roboh dan hancur.

Tanpa adanya kandungan oksigen, beton akan menjadi debu dan pasir. Ketika bangunan dari beton hancur, maka Bumi akan diguncang gempa yang cukup hebat dan dipastikan akan menimbulkan badai tsunami yang sangat dahsyat.

Kendaraan dengan Mesin Pembakaran Internal Akan Berhenti

Sistem pembakaran bahan bakar pada kendaraan bisa terjadi karena bantuan oksigen. Oksigen membantu proses pembakaran pada seluruh kendaraan dengan mesin pembakaran internal.

Alhasil, jika Bumi kehilangan oksigen selama 5 detik, maka semua kendaraan dengan mesin internal (kecuali kendaraan dengan energi listrik), akan mengalami gagal mesin dan berhenti total.

Hal ini akan menyebabkan kecelakaan yang sangat masif, salah satunya adalah pesawat yang akan berjatuhan, hingga kapal laut yang akan tenggelam dengan penyebab serupa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here