Hati-Hati! Terlalu Sering Pulang Tenggo Bisa Bikin Kamu Dicap Negatif

Semua karyawan pasti ingin sekali bisa pulang tepat waktu (tenggo) agar punya waktu senggang lebih banyak di rumah. Menyelesaikan pekerjaan dengan cepat bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan keinginan tersebut. Sayangnya, terlalu sering pulang tenggo juga bisa membuat kamu dicap negatif dan mengalami berbagai permasalahan lainnya.

Kira-kira apa saja sih yang terjadi bila kamu terlalu sering pulang tenggo dari kantor?

Dianggap Malas dan Tidak Berdedikasi

Anggapan para rekan kerja yang nyinyir memang kerap membuat telinga panas. Kamu yang terlalu sering pulang tenggo pasti pernah dicap malas dan tidak berdedikasi. Padahal, kemungkinan besar kamu sudah berupaya menyelesaikan pekerjaan dengan baik sehingga pulang tepat waktu.

Lebih parahnya lagi, tak jarang orang yang pulang tepat waktu malah dijauhi karena dianggap tidak loyal.

Baca Juga: 7 Penyebab Orang Malas Berangkat Kerja, Kamu Pernah Mengalaminya?

Stigma tentang Kesetiakawanan

Setia kawan dengan rekan kerja tentu boleh-boleh saja. Namun, bukan berarti kamu harus ikut menanggung beban kerja yang sebenarnya bukan tanggung jawabmu.

Karyawan yang terlalu sering pulang tenggo sering dianggap tidak setia kawan dengan rekan-rekan yang masih sibuk di kantor. Meskipun sebenarnya kesibukan tersebut tidak ada hubungannya dengan tugas-tugasmu. Uh, serba salah banget, ya.

Melewatkan Meeting Dadakan

Tak sedikit tipe atasan yang gemar melakukan sesuatu secara mendadak, misalnya mengadakan meeting dadakan pada sore atau malam hari. Hal ini jelas jadi kesulitan tersendiri bagi kamu yang terlalu sering pulang tenggo.

Kemungkinan besar kamu akan melewatkan meeting dadakan yang diadakan atasan. Bila sudah begini, kamu harus melakukan follow up dengan rekan kerja supaya pekerjaan tidak terbengkalai akibat melewatkan meeting.

Ketinggalan Informasi Penting dari Klien

Kalau atasan dan rekan kerja tak mempermasalahkan kebiasaan pulang tenggo, kesulitan juga bisa datang dari pihak klien. Sering kali klien memberikan informasi mendadak atau meminta revisi setelah jam pulang kantor.

Inilah yang membuat terlalu sering pulang tepat waktu malah jadi kesulitan tersendiri. Karena kamu jadi kesulitan meladeni permintaan klien atau menanggapi info penting yang diberikan menjelang larut malam. Walaupun sudah tiba di rumah, kamu akan dihubungi rekan kerja untuk mengurus masalah pekerjaan yang belum rampung.

Keinginan pulang tenggo sebenarnya wajar saja. Namun, kamu harus jeli menyiasati kecenderungan terlalu sering pulang tenggo agar tetap profesional. Sesekali, tak ada salahnya menghabiskan waktu lebih lama di kantor demi menangani pekerjaan dadakan atau membantu rekan-rekan kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here