Hati-Hati, Efek Samping Memakai Sunscreen Ini Harus Diwaspadai

Selain memiliki banyak manfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, namun ada juga efek samping memakai sunscreen atau tabir surya yang perlu kamu tahu. Jika kamu asal-asalan ketika memakai tabir surya, hal ini justru dapat memicu timbulnya masalah kulit yang tidak kamu inginkan.

Dan berikut adalah beberapa efek samping memakai sunscreen dan cara untuk mencegahnya.

Efek Samping Memakai Sunscreen Bisa Menyebabkan Reaksi Alergi

Efek samping memakai sunscreen ini disebabkan oleh kandungan bahan kimia dalam produk yang menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Gejala kulit kemerahan, gatal, bengkak dan ruam-ruam adalah tanda-tanda kamu mengalami alergi terhadap tabir surya.

Kulit kamu bisa menjadi sensitif. Pasalnya, ada kandungan yang digunakan pada sunscreen yang justru bisa menyebabkan tingkat reaksi alergi yang tinggi pada kulit, yaitu PABA (para amino benzoic acid).

Penyebab reaksi juga bisa merupakan pengawet dan pewangi yang digunakan dalam tabir surya. Terutama, jika kamu memiliki jenis kulit sensitif, selalu periksa bahan-bahan dalam produk yang kamu beli dan juga periksa apakah mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit.

Carilah tabir surya yang berlabel hypoallergenic. Kamu juga dapat melakukan uji tempel 24 jam untuk tahu reaksi kulit pada produk tersebut.

Bisa Memperburuk Kondisi Jerawat

Efek samping mengaplikasikan sunscreen selanjutnya dapat terjadi jika kamu memilih jenis tabir surya yang salah karena ini bisa membahayakan kulit. Jika kamu punya masalah jerawat, tabir surya dapat memperburuk kondisi. Tabir surya diketahui memiliki tekstur greasy dan oil-based. Zat kimia tertentu yang ada pada produk tersebut juga dapat membuat kulit iritasi dan memicu timbulnya jerawat, kulit kemerahan, gatal dan bengkak.

Untuk mencegah efek samping memakai sunscreen, gunakanlah produk yang sesuai dengan jenis kulit. Produk yang non-greasy dan non-comedogenic seharusnya menjadi produk yang dipilih. Juga, jangan gunakan tabir surya untuk tubuh pada wajah karena jenis produk ini memiliki konsistensi lebih pekat dan dapat menutupi pori hingga bisa memicu bintik jerawat.

Baca Juga: Enggan Pakai Sunscreen? Simak Manfaat Memakai Sunscreen Untuk Kulit Berikut

Efek Samping Memakai Sunscreen Bisa Membuat Mata Iritasi

Tabir surya tidak seharusnya digunakan di area halus dan lembut seperti di sekitar mata. Jika sunscreen masuk pada mata, hal ini bisa memicu iritasi mata hingga menyebabkan nyeri dan sensitif terhadap cahaya.

Jadi, untuk menghindari efek samping memakai sunscreen, hindari mengaplikasinya di bawah atau di sekitar mata. Bila tanpa sengaja produk tabir surya masuk ke mata, segera cuci mata dengan air untuk menghindari efek samping yang lebih buruk.

Berisiko Terkena Kanker Payudara

Tabir surya dapat melindungi kulit dari efek berbahaya sinar matahari. Tetapi, ada jenis bahan kimia tertentu dalam sunscreen yang dapat meningkatkan risiko kanker. Pemakaian produk tabir surya secara teratur dapat memengaruhi kadar estrogen dalam tubuh dan dengan demikian bisa menyebabkan kanker payudara.

Selain itu, telah ditemukan sebuah bahan yang terkandung dalam tabir surya, yaitu retinyl palmitate (kombinasi retinol dan palmitic acid) yang dapat memproduksi radikal bebas yang bisa membahayakan kulit dan menyebabkan kerusakan DNA.

Tips Memerangi Efek Samping Memakai Sunscreen

Untuk melawan efek samping memakai sunscreen, ada beberapa tindakan yang dapat membantu, yaitu,

  • Selalu lakukan tes tempel sebelum membeli sunscreen, terutama jika kamu memiliki jenis kulit sensitif.
  • Berhati-hatilah saat memilih sunscreen untuk anak-anak. Kulit mereka dapat dengan mudah terpengaruh dari bahan kimia yang terkandung dalam produk.
  • Kamu perlu re-apply sunscreen sepanjang hari.
  • Pilih produk dengan bahan non-comedogenic.
  • Jangan menggunakan lotion tabir surya yang dibuat untuk tubuh, lalu diaplikasikan pada wajah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here