Efek Samping Minum Kombucha Ternyata Tidak Bagus untuk Kesehatan, Lho!

Efek Samping Minum Kombucha Juga Tidak Bagus Untuk Kesehatan, Lho!
Sumber: Nourishedkitchen

Anda mungkin sudah begitu familiar dengan kombucha. Kombucha sendiri adalah minuman teh fermentasi yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Sebagai contoh, minuman ini menjadi sumber yang kaya akan antioksidan dan probiotik. Plus, kombucha memiliki kualitas anti-mikroba dan bila dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung dan tingkat gula darah. Namun, ada efek samping minum kombucha bila diminum secara berlebihan. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

Efek Samping Minum Kombucha Bila Dikonsumsi Berlebihan

Dapat Memicu Konsumsi Kalori Berlebihan

Ada beberapa macam jenis kombucha yang tersedia bagi konsumen. Sementara suatu produk mengandung kalori rendah, yang lainnya dapat mencapai 120 kalori per botol. Sesekali minum kombucha tidak akan menambah ukuran pinggang. Namun ada efek samping minum kombucha bila dikonsumsi berlebihan karena berkontribusi pada konsumsi kalori tinggi yang berpengaruh pada kenaikan berat badan.

Orang yang sering mengonsumsi minuman tinggi kalori cenderung mengalami kelebihan berat badan atau obesitas dibandingkan yang tidak. Hal ini disebabkan karena kalori dalam bentuk cairan lebih mudah dikonsumsi dan kurang mengenyangkan dibandingkan kalori dalam makanan berbentuk padat.

Baca Juga: Jangan Berlebihan! Nyatanya Minum Soda Meningkatkan Risiko Kanker

Dapat Menyebabkan Kembung dan Masalah Pencernaan

Telah terbukti bila minum kombucha memiliki manfaat untuk kesehatan pencernaan karena kandungan probiotik atau bakteri baik. Namun, efek samping minum kombucha bila dikonsumsi berlebihan juga ada karena kombucha termasuk minuman berkarbonasi hingga bisa menyebabkan perut kembung, mengingat minuman berkarbonasi bisa menimbulkan karbondioksida yang masuk dalam sistem pencernaan.

Kondisi ini bisa menyebabkan kembung dan gas berlebihan. Ditambah lagi, kombucha mengandung senyawa yang disebut dengan FORDMAPs, jenis spesifik dari karbohidrat yang dapat menyebabkan masalah pencernaan bagi sebagian orang, terutama untuk mereka yang memiliki masalah IBS. Efek samping minum kombucha juga bisa menyebabkan asupan gula tinggi hingga bisa air masuk dalam usus dan menyebabkan diare.

Mengandung Gula Berlebihan

Alasan Kenapa Anda Perlu Mengurangi Konsumsi Gula Berlebih Karena Bisa Membuat Candu
Sumber: Nationalreview

Sebagian besar minuman kombucha diberi tambahan pemanis dengan jus buah atau gula tebu yang membuat produk ini tampak menarik bagi konsumen. Meskipun ini membuat citarasa kombucha lebih nikmat, namun hal ini bisa meningkatkan kandungan gula pada minuman. Ketika dikonsumsi secara berlebihan, gula tambahan tersebut, terutama dari minuman berpemanis gula, dapat secara negatif berdampak pada kesehatan dengan berbagai cara.

Efek samping minum kombucha ini misalnya dikaitkan dengan meningkatkan risiko diabetes, obesitas, hati berlemak dan penyakit jantung. Bergantung dari merk yang dipilih, biasanya 1 porsi kombucha mengandung 28 gram gula, di mana ini setara dengan 7 sendok teh gula. Sebagai langkah bijaksana, selalu baca label produk untuk melihat kandungan gula yang ada dalam minuman tersebut.

Dapat Berbahaya Bagi Orang Tertentu

Sementara bagi sebagian orang minum kombucha dianggap aman, namun ada juga efek samping minum kombucha bagi sebagian orang. Kenapa? Karena kombucha tidak dipasteurisasi dan mengandung campuran dari beberapa jenis bakteri dan jamur, di mana ini bisa merangsang pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi pada sebagian orang.

Sebagai contoh bagi mereka yang memiliki sistem imun lemah, seperti penderita kanker, penyakit ginjal, atau HIV, dan ini bisa menyebabkan komplikasi serius. Meskipun jarang, namun telah dilaporkan kasus reaksi alergi kronis, asidosis dan komplikasi liver karena minuman tersebut punya potensi terkontaminasi kombucha.

Dan karena kombucha tidak dipasteurisasi, mengandung jumlah kafein dan alkohol rendah, wanita hamil dan menyusui seharusnya menghindari minum kombucha. Biarpun begitu, efek samping minum kombucha ini bisa Anda minimalisir bila tahu takaran amannya, yaitu 8 ons atau 240 ml per hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here