Apa yang Terjadi Jika Tidak Hadir Wawancara? Ini Kemungkinannya!

Ada beberapa orang yang tidak hadir wawancara saat dipanggil oleh HRD. Alasannya pun beragam, mulai dari waktu yang tidak pas, bersamaan dengan proses rekrutmen lain, hingga memang sengaja menghindar. Tahukah kamu, HRD ternyata punya penilaian tersendiri pada kandidat yang tidak hadir wawancara loh.

Berikut beberapa hal yang mungkin akan dilakukan HRD saat calon karyawan yang dipanggil untuk wawancara tidak datang. Siapa tahu kamu pernah mengalaminya nih.

HRD Masih Memberi Toleransi

Bagi perusahaan yang masih punya banyak kandidat untuk diseleksi, ketidakhadiranmu tidak begitu berpengaruh. HRD masih mudah memberi toleransi kepadamu meski kamu tidak memberikan konfirmasi. Itu tandanya, peluangmu untuk proses seleksi masih ada.

Hanya saja, ada kalanya kandidat yang tidak hadir wawancara diberi toleransi sebatas untuk formalitas saja. Jadi, jangan terlalu berharap lebih saat kamu diberi kesempatan kedua ya. Bagaimana pun juga HRD masih punya banyak pilihan yang bisa diambil selain kamu.

HRD Mau Mengatur Jadwal Ulang

Lain ceritanya kalau kandidat yang diseleksi sangat terbatas jumlahnya. Andai kamu tidak hadir wawancara dan dirasa punya potensi sangat baik, maka HRD tidak segan menghubungimu lagi. Kamu akan dijadwalkan ulang untuk mengikuti wawancara.

Kalau kamu mengalami hal ini, maksimalkan kesempatan tersebut. Siapa tahu kamu memang calon karyawan yang dianggap paling cocok untuk menempati posisi yang dilamar. Jangan lupa tetap hubungi HRD saat kamu mendadak tidak bisa ikut wawancara ya.

Baca Juga: Tren Rekrutmen Karyawan di Masa Pandemi Covid-19, Kayak Apa Ya?

HRD Fokus ke Kandidat Lain

Namun, ada juga HRD yang tidak mau pusing pada calon karyawan yang tidak hadir wawancara. HRD lebih suka fokus pada kandidat yang sungguh-sungguh mengikuti proses seleksi. Intinya, orang-orang yang membatalkan jam wawancara jelas sudah masuk black list.

Jadi, jangan heran kalau kamu merasa kesulitan melamar ke sebuah perusahaan yang sempat kamu lamar sebelumnya. Coba cek kembali, apakah kamu pernah menghindari undangan mereka, entah tes seleksi atau wawancara.

Apa yang Sebaiknya Kamu Lakukan Saat Menerima Panggilan Wawancara?

Pastikan kamu tidak terburu-buru menerima panggilan wawancara tanpa melihat jadwalmu. Kalau kamu seorang fresh graduate dan belum banyak kegiatan, kamu bisa serta merta mengonfirmasi kehadiran. Lain halnya jika kamu sudah bekerja, kamu harus memastikan waktu wawancara tidak bentrok dengan pekerjaanmu.

Lebih baik meminta waktu sehari untuk berpikir dan mengecek jadwal. Baru setelah itu kamu bisa mengonfirmasi kehadiran wawancara. Ingat, kamu tidak akan tahu bagaimana HRD akan bersikap saat kamu batal datang wawancara kan?

Semoga info di atas dapat memberikan gambaran untuk kamu ya. Saat tidak hadir wawancara, ingat untuk tetap jaga etika dengan menghubungi HRD ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here