Sukses Menambah Pengguna, Doku Lakukan Ekspansi dan Tingkatkan Layanan

Sukses Menambah Pengguna, Doku Lakukan Ekspansi dan Tingkatkan Layanan
Source: techinasia

Doku merupakan salah satu startup fintech pertama yang menyediakan layanan payment gateway di Indonesia. Perusahaan yang menawarkan fitur unggulan, Doku Wallet, ini telah berhasil menambah lebih banyak pengguna dan berencana memperkuat layanannya.

Doku telah berhasil menggaet 2 juta pengguna. Berikutnya, perusahaan ini berencana untuk melakukan ekspansi dan meningkatkan layanannya. Salah satunya adalah membangun teknologi machine learning.

“Yang penting sebagai pionir adalah database fraud kami paling komprehensif di Indonesia, sehingga memampukan kami untuk membangun machine learning risk engine,” ujar Chief Marketing Officer DOKU, Himelda Renuat.

Pertumbuhan Doku dan E-Wallet-nya

Pertumbuhan Doku dan E-Wallet nya
Foto: doku

Dilansir Kontan, Doku sampai saat ini telah bekerjasama dengan 80 ribu merchant. Dengan demikan semakin banyak pilihan lokasi berbelanja yang disediakan bagi pengguna jika mereka ingin menggunakan layanan Doku Wallet-nya. Selain itu, Doku mulai mengupayakan agar penggunanya lebih mudah terhubung dengan layanan logistik dan payment channel lainnya.

Lewat Doku Wallet-nya, Doku menjadi salah satu perusahaan lokal yang pertama kali meluncurkan layanan dompet digital. Ide pendirian perusahaan ini sebenarnya sudah ada semenjak 2005, namun baru dua tahun ide tersebut bisa dikembangkan.

Tantangan langsung didapatkan tak lama setelah perusahaan berdiri. Pasalnya saat itu, yakni sekitar tahun 2010 hingga tahun 2013, belum ada perusahaan yang menyediakan layanan payment gateway. Pihak perusahaan dan perorangan masih bergantung kepada layanan keuangan yang diberikan perbankan.

Barulah setelah Garuda Indonesia mempercayakan layanan payment gateway-nya pada Doku, perusahaan ini mulai mengepakkan sayapnya. Sekitar satu tahun setelah diluncurkan, Doku sudah mencatatkan jumlah transaksi digital sebanyak US$1,1 miliar.

Baca Juga: Penggunanya Tumbuh 400%, OVO Makin Kokoh di Ranah Dompet Digital

Foto: techinasia

Selanjutnya pada 2017, layanan E-Wallet milik Doku sudah terhubung dengan 23 bank dan berhasil menggandeng lebih dari 20 ribu merchant. Doku bahkan telah memenuhi titik impas di lini payment gateway pada tahun yang sama dengan tingkat pertumbuhan mencapai 30% per tahunnya.

Selain Doku Wallet yang merupakan layanan dompet digital, startup yang didukung pendanaannya oleh Emtek Group ini juga menyediakan beberapa layanan keuangan lainnya. Salah satunya adalah layanan pembayaran bisnis online, MyShortCart. Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan layanan peer-to-peer lending yang diberi nama #PinjamDOKU.

Untuk menambah jumlah pengguna dan meningkatkan kesadaran akan brand perusahaan, Doku telah bekerjasama dengan pihak perbankan, startup dan institusi lainnya. Salah satunya adalah Bank Danamon. Selain itu, Doku e-Wallet juga bisa digunakan untuk mendapatkan layanan pembelian reksadana di Bareksa atau melakukan pembayaran premi asuransi di Asuransi Axa.

Beri komentar Anda tentang artikel ini